Kecanggihan Teknologi Kapal Selam Virginia Class Usa (Fast Attack Submarine)

Kapal Selam Kelas Virginia. Bisa jadi ikon tercanggih yang pantas di sandang kapal selam ini. Daya gempur dahsyat, kapabilitas pengumpul data mata-mata jempolan, sampai desain dek terhitung revolusioner. Itulah kecanggihannya. Soal penugasan juga sama. Virginia jadi kapal selam pertama yang diracik sebagai wahana Multi misi, bisa beroperasi di wilayah pantai. Masuk dinas operasional AL AS tahun 2004. Berikut beberapa bab kapal selam Virginia yang bisa di kupas.
 Bisa jadi ikon tercanggih yang pantas di sandang kapal selam ini Kecanggihan Teknologi Kapal Selam Virginia Class USA (Fast Attack Submarine)

Dominasi Samudera dan pantai. Itulah konsep yang wajib diusung kapal selam Virginia. Ia pun di lengkapi dengan kesaktian mengumpulkan data intelejent, penggelaran pasukan khusus sampai menyerang sasaran di darat.

Bagian belakang Kapal Selam Virginia
 Bisa jadi ikon tercanggih yang pantas di sandang kapal selam ini Kecanggihan Teknologi Kapal Selam Virginia Class USA (Fast Attack Submarine)
Bagian belakang Kapal Selam Virginia

Bagian belakang Kapal Selam Virginia terdiri dari dua bagian, yaitu:

1. Tabung baling-baling (Propulsor Duct)
Ini merupakan salah satu huruf khas Virginia yang paling praktis dikenali dari luar. Mereka menyebutnya dengan nama Propulsor Duct. Bila diartikan kurang lebih sama dengan tabung pelindung baling-baling propulsi kapal selam.

2. Tanki Ballast/Trim
Tangki yang terletak di bab depan dan belakang kapal berfungsi untuk menampung air ketika kapal akan menyelam. Sebaliknya biar bisa kembali ke permukaan maka kedua tangki tadi mesti di kosongkan. Selain itu ada pula tangki yang berjulukan trims tanks, bab tadi mempunyai kegunaan untuk mengatur keseimbangan serta bobot dikala menyelam.

Bagian tengah Kapal Selam Virginia
 Bisa jadi ikon tercanggih yang pantas di sandang kapal selam ini Kecanggihan Teknologi Kapal Selam Virginia Class USA (Fast Attack Submarine)
Bagian tengah Kapal Selam Virginia

Bagian tengah Kapal Selam Virginia terdiri dari 5 bagian, yaitu:

1. ASDS
Virginia juga di lengkapi dengan wahana bawah air ASDS (Advenced SEAL Delivery System) wahana ini berfungsi untuk menghantarkan pasukan khusus dalam operasi penyusupan pantai.

2. Ruang Mesin 
Terletak berdekatan dengan tangki ialah ruang mesin. Disinilah bergotong-royong kelangsungan hidup kapal bergantung. Mulai dari sistem propulsi, pembangkitan listrik, sistem hydrolik, kompresor udara, sistem destilasi air laut, sampai pengondisian udara. Semuanya tumplek di ruang mesin. 

4. Ruang Kemudi
Dari namanya saja sudah bisa ditebak kiprah yang musti di lakoni awak diruang ini. Benar, mereka bertugas untuk mengontrol kinerja turbin propulsi. Selain itu masih ada lahi. Kinerja generator listrik serta reaktor nuklir ialah tanggung jawab lain dari petugas di ruang kendali. 

5. Kompertemen reaktor 
Sumber pakan bagi propulsi kapal selam terletak pada kompartemen reaktor. Walau tak disebutkan tipe reaktor yang diadopsi, namun dipercaya Virginia mencomot reaktor nuklir paling canggih dikala ini. 

Bagian depan Kapal Selam Virginia
 Bisa jadi ikon tercanggih yang pantas di sandang kapal selam ini Kecanggihan Teknologi Kapal Selam Virginia Class USA (Fast Attack Submarine)
Bagian depan Kapal Selam Virginia

Bagian depan Kapal Selam Virginia terdiri dari:

1. Ruang Istirahat 
Punya kemudahan permanen berupa kawasan tidur bertingkat bagi 119 orang. Bila Virginia melaksanakan kiprah khusus maka sebanyak 41 kawasan tidur aksesori bisa dibentuk pada ruang terpedo. 

2. Bagasi 
Punya nama keren Lockout Trunk Virginia bakal menjadi kapal selam pertama yang dilengkapi dengan bagasi built in. Bukan untuk menampung barang bawaan, bab ini digunakan untuk jalan keluar masuk pasukan khusus(Navy Seal) ke kapal selam. Sebanyak 9 orang pasukan bisa ditampung sekaligus pada ruang bertekanan ini. 

3. Komando Pengendali 
Pemakaian teknologi fiber optik menciptakan desain ruang komando pengendali pada Virginia melenceng dari pakem sebelumnya. Sekarang ruang tersebut bisa di tempatkan pada dek tingkat kedua. Alasannya, kaalselam ini tak lagi menggunakan periskop konvensional. Revolusi lain yang diaplikasikan ialah soal tata ruang lega, dipenuhi dengan tampilan info berlayar lebar sekarang jadi karakternya. Semua dilakukan untuk memperlancar keputusan yang bakal diambil sang komandan. 

4. Masts
Mungkin lebih gamblang disebut sebagai antena pada kapal selam. Disini spesiasnya bermacam-macam tapi yang terperinci semua berafiliasi dengan perangkat elektronik. Tipe-tipe yang diusung Virginia ialah :

5. ESM
Kepanjangan dari Elektronic Support Measures jikalau di simak akan terdiri dari antena GPS dan peserta gelombang radar yang dipancarkan oleh pesawat, kapal permukaan, dan kapal selam.

6. Penerima Data
Antena Transmisi data berkemampuan tinggi.

7. Antena Multifungsi 
Penerima gelombang radio dan antena transmisi.

8. Antena Pengatur Misi 
Antena ini terhubung dengan sentra untuk melaksanakan agresi penugasan misi dalam kapal selam.

9. Antena Photonics 
Terdapat kamera pengintai. Perangkat ini menggantikan periskop konvensional.

10. Ruangan Terpedo 
Ruang terpedo, rudal, maupun ranjai dilontarkan dari empat tabung pengoprasiannya dilakukan dengan santunan pompa turbin udara (ATP-Air Turbine Pump) pompa ini memaksa air untuk masuk ke dalam tabung pelontar sesaat sebelum peluncuran. Begitu ada perintah penembakan maka senjata tadi akan melesat meninggalkan kapal selam sesudah melalui pintu putar. 

11. Penyerang Darat 
Selain tabung terpedo , Virginia juga dilengkapi dengan selusin sistem pelontar vertikal (VLS-Vertikal Launcing System). Dengan tabung pelontar beraliran VLS maka kapal selam ini juga punya kemampuan serang darat. 

12. Lambung 
Metal berkualitas nomor wajhid merupakan materi dasar lambung Virginia. Tak dijelaskan tipikal metal yang dipakai. Namun yang terperinci materi tadi mesti bisa menahan tekanan sampai kedalaman maritim 800 kaki. Selain metal juga ditempeli dengan lapisan semacam karet. 

13. Kubah Hidung 
Kubah pada bab hidung Virginia terbuat dari materi komposit. Dengan demikian maka gelombang bunyi bisa menerobos sampai bola sonar.

14. Bola Sonar
Piranti Hydrophone diletakkan pada bola sonar. Punya sisitem kerja pasif, alat ini bisa mendeteksi gelombang bunyi yang dihasilkan oleh suatu benda dari jarak bermil-mil. 

15. Sonar 
Kalau makhluk hidup mempunyai indera keenam, maka ia pantas menyendang predikat luar biasa. Nah, bila disimak Virginia punya indera pengendus sebanyak tujuh buah indera pengendus indera pengendus ini biasa disebut sonar ini tersebar di sekujur tubuhnya mulai dari bab dagu, menara, bab bawah sampai buntut kapal. Dari sekian banyak perangkat, sonar dibagian dagu yang terhitung jadi barang baru. Dengan alat tadi maka awak Virginia bisa tahu huruf dasar samudera sampai posisi ranjau maritim dengan akurat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel