Cara Meningkatkan Jangkauan Wi-Fi Yang Lebih Luas Dan Stabil

Koneksi nirkabel mempunyai beberapa keunggulan dibanding kabel. Namun demikian, salah satu kelemahannya dibanding koneksi kabel yaitu kestabilan sinyal yang ditentukan oleh kondisi ruangan, konfigurasi, serta perangkat pendukung.

Jika Anda tidak mendapat sinyal dari jaringan nirkabel padahal posisi Anda sudah cukup memadai, bisa jadi ada yang salah dengan hal tersebut. Bisa jadi hal ini disebabkan lantaran jaringan WiFi yang Anda gunakan kurang luas jangkauannya. Untuk itu, ada cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan jangkauan tersebut dengan beberapa cara yang kami tunjukkan berikut ini.
Koneksi nirkabel mempunyai beberapa keunggulan dibanding kabel Cara Meningkatkan Jangkauan Wi-fi Yang Lebih Luas dan Stabil

Cara Meningkatkan Jangkauan Wi-fi Yang Lebih Luas dan Stabil:

1. Tentukan Posisi Terbaik
Hal penting yang mesti diperhatikan dalam menempatkan jaringan nirkabel yaitu posisi perangkat wireless router yang Anda miliki. Posisikan wireless router di tengah-tengah ruang guna memaksimalkan daya pancar sinyalnya ke segala penjuru.

2. Update Firmware Perangkat Pendukung
Periksa secara rutin situs pembuat perangkat router nirkabel atau WiFI adapter yang Anda gunakan apakah mereka menyediakan update firmware terbaru. Pembaruan firmware tidak hanya sanggup meningkatkan kemampuannya saja, tetapi juga keamanan yang lebih baik. Beberapa perangkat telah menyertakan tool khusus yang memudahkan pengguna untuk melaksanakan update driver ataupun firmware secara langsung.

3. Tentukan Channel Terbaik

Mungkin di sekitar lingkungan rumah atau kantor banyak terdapat sinyal WiFi lain yang tertangkap. Hal ini bisa menjadikan intervensi dan mengganggu sinyal WiFi Anda kalau mereka memakai channel yang sama. Perlu di ketahui bahwa Wi-Fi bisa di operasikan pada beberapa channel yang berbeda untuk menghindari gangguan yang di sebabkan kesamaan channel. Oleh lantaran itu cobalah untuk mengganti channel pada router melalui halaman konfigurasi. Nantinya Anda tidak perlu mengubah konfigurasi komputer lantaran secara otomatis akan mendeteksi channel gres yang telah diubah.

4. Jauhkan Interferensi Dari Perangkat Lain
Usahakan untuk menghindari penempatan di akrab material menyerupai logam, dinding, lantai ataupun perangkat elektronik lainnya lantaran sanggup mengganggu sinyal sehingga mengurangi jangkauan WiFi-nya. Selain itu, bukan hanya sesama router saja yang bisa mengakibatkan interferensi melainkan juga beberapa peralatan elektronik menyerupai perangkat telepon nirkabel, microwave, hingga kulkas.
Tambahkan Range Extender atau repeater

Jika cara pertama dan kelima tidak bisa terhindarkan, ada baiknya Anda menambahkan perangkat aksesori menyerupai Range Extender atau repeater. Solusi ini juga cukup membantu kalau ruangan dikelilingi tembok yang sanggup menghalangi sinyal WiFi. Tempatkan perangkat tersebut pada pertengahan antara jalur saluran poin dan komputer, dan Anda akan mendapat peningkatan sinyal WiFi.

5. Reboot Router Scara Berkala
Salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan yaitu melaksanakan reboot pada router secara bersiklus semoga sistem berjalan dengan beban yang lebih ringan. Sebelum itu, jangan lupa untuk beri tahu kepada setiap pengguna WiFi lainnya semoga mereka mempersiapkan diri untuk menyelamatkan data yang sedang terhubung ke internet.

6. Ganti Perangkat Router Nirkabel

Jika perangkat router Anda masih memakai teknologi usang dan cara-cara diatas tidak berhasil meluaskan jangkauan sinyal WiFi, maka ada baiknya mempertimbangkan mengganti perangkat wireless router dengan wireless router yang baru. Teknologi wireless router kini telah masuk ke standar AC dimana telah memakai frekuensi 5GHz yang mempunyai teknologi beamforming yang mempunyai jangkauan yang luas dan cepat.

7. Pakai 2 Frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz
Koneksi nirkabel mempunyai beberapa keunggulan dibanding kabel Cara Meningkatkan Jangkauan Wi-fi Yang Lebih Luas dan Stabil

Kalau router nirkabel Anda sudah memakai teknologi AC, maka sebaiknya mengaktifkan kedua frekuensinya untuk performa yang lebih baik. Banyaknya perangkat yang memakai frekuensi 2.4GHz menjadikan jangkauan Wi-Fi yang pendek sedangkan frekuensi 5GHz lebih higienis sehingga jangkauan Wi-Fi bisa lebih jauh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel