Memahami Pengertian Router Dalam Jaringan

Tentunya Anda sering mendengar istilah router dalam jaringan atau belum pernah sama sekali dan ingin tahu router itu menyerupai apa. Berikut ini Tekno Virtual memperlihatkan klarifikasi mengenai pengertian router. Router yaitu perangkat network yang dipakai untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya menyerupai menghubungkan network yang memakai topologi Bus, Star dan Ring. Router minimal mempunyai 2 network interface. Dalam postingan sebelumnya perihal mengenal teknik subneting yang telah disinggung bahwa koneksi antar network (jaringan dengan subnet IP yang berbeda) hanya sanggup terjadi dengan santunan Router.
Tentunya Anda sering mendengar istilah router dalam jaringan atau belum pernah sama sekali Memahami Pengertian Router Dalam Jaringan

Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang mempunyai alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan aneka macam macam alat, dimana masing-masing alat mempunyai alamat IP sendiri pada sebuah LAN

Router sangat banyak dipakai dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan referensi utama dari sebuah jaringan yang mempunyai banyak router IP.

Router sanggup dipakai untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang dipakai untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang memakai media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia sanggup menghubungkan komputer dengan memakai radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, menyerupai halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel