Mengenal Sejarah Asal-Usul Internet

Saat ini, hampir semua orang selalu bekerjasama dengan internet dengan banyak sekali perangkat yang ada. Bukan hanya di kantor saja mereka memakai internet, namun di rumah dan dimana saja internet selalu dibutuhkan. Internet dapat menciptakan dunia menjadi lebih gampang dijelajahi, bahkan Anda bsia lebih gampang mendapat banyak sekali gosip yang Anda butuhkan dengan cepat dan biaya lebih murah. Internet dikenal semenjak tahun 1960, dimana ketika itu dibentuk suatu teknologi jaringan komputer. Teknologi jaringan komputer tersebut merupakan kumpulan-kumpulan komputer yang saling berhubungan.

Internet pertama kali ditemukan atau dibentuk oleh J.C.R Licklider pada tahun 1962. Licklider mempunyai gagasan bagaimana setiap orang dapat terhubung dengan data dan juga jadwal memakai jaringan global. Saat itu beliau menjadi pimpinan untuk penelitian komputer pada Department Pertahanan Amerika Serikat. Penelitiannya di ARPANET yaitu untuk merancang bentuk jaringan, suatu kehandalan dan juga besar kecilnya suatu info yang akan dipindahkan. Pada awalnya, proyek ini ditujukan untuk keperluan militer. Setelah itu, pada tahun 1966 Larry Robert merancang jaringan ARPANET. Jaringan tersebut kemudian diluncurkan pada tahun 1967 dan sekitar tahun 1969, jaringan ini dapat menghubungkan empat komputer. Sekitar 3 tahun kemudian, ARPANET memakai NCP sehingga dapat dipakai untuk transfer data.

Di tahun 1972, ARPANET dapat terkoneksi secara international, hal ini dimulai dari Royal Establishment di Norwegia dan juga University College of London. Pada tahun 1978, Laboratorium Bell menemukan Unix to copy Protocol. Alat ini dipakai untuk mengstransfer data atau file. Dan protocol gres dapat dicetak pada tahun 1982 dengan nama IP yang dipakai untuk ARPANET. Setelah itu, barulah internet didefinisikan sebagai kumpulan jaringan yang dapat terhubung melalui IP yang dipakai sebagai protocol. Internet semakin berkembang dari waktu ke waktu sampai pada tahun 1983 dikembangkanlah DNS atau Domain Name System oleh John Postel, Craig Partidge dan juga Paul Mockapetris. Ketiganya telah membuatkan DNS yang kini sering kita manfaatkan.

DNS yang dikembangkan Postel dan kawan-kawannya tersebut bertujuan untuk pengamatan sistem dalam bentuk user@host.cdomain. Dan setahun kemudian yaitu tahun 1984, ada beberapa jenis domain yang diperkenalkan di dunia maya diantaranya yakni .net, .com, .gov, .mil, dan .org. Selain perkembangan internet yang cukup pesat, ketika itu keberadaan PC juga semakin banyak dipakai masyarakat. Dan pada tahun 80’an, ARPANET mempunyai sekitar 200 host yanng terhubung untuk membantu masyarakat. Era tersebut juga menciptakan BITNES mempunyai layanan lain yang sampai kini masih diminati masyarakat diantaranya yakni e-mail, FTP (File Transfer Protocol) dan juga mailing list. Internet mengalami perkembangan yang cukup pesat sekitar tahun 2000. Pada tahun tersebut banyak situs yang bermunculan dan jumlahnya sunggu fantastis.

Ada milyaran situs di dunia maya demikian juga banyak sekali bisnis yang memanfaatkan internet yang kini ini kita kenal dengan nama bisnis online. Dengan adanya internet, kita memang dapat melalukan semua dengan mudah. Bahkan banyak orang yang dapat mengubah hidup mereka dengan internet. Tak heran kalau banyak milyarder yang sukses berbisnis alasannya yakni internet. Internet yakni bukti revolusi teknologi yang berkembang begitu pesat di dunia. Semakin usang pengguna internet semakin banyak alasannya yakni banyak sekali fungsi dan manfaat yang dimilikinya. Dengan internet kita dapat mengetahui bermacam-macam gosip dan hiburan. Internet pula yang membantu insan menemukan teknologi lainnya. Jadi, jangan ragu untuk mengubah hidup Anda dengan internet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel