Perbedaan Modem Dengan Router

Internet yaitu salah satu kebutuhan teknologi yang banyak diminati masyarakat ketika ini. Bahkan tanpa internet pekerjaan dirasa semakin sulit dilakukan sehingga apa-apa harus memakai internet. Untuk memudahkan koneksi internet, Anda sanggup memakai modem maupun router. Kedua perangkat ini bergotong-royong berbeda, namun banyak yang menganggapnya sama.

Keduanya yaitu perangkat yang dipakai semoga komputer atau laptop sanggup terhubung dengan internet. Dengan aneka macam merek dan juga jenis laptop, notebook maupun netbook, keberadaan modem dan router menjadi semakin gampang didapatkan. Anda yang ingin bekerja lebih cepat dan lebih mudah, gunakan saja salah satu perangkat tersebut.

Nah, apakah modem dan router itu sama? Keduanya yaitu beda, tapi fungsinya memang hampir sama alasannya yaitu dengan memakai perangkat tersebut kita sanggup menghubungkan komputer, laptop atau notebook dengan internet.

# Pengertian Modem
Dengan perangkat modem maka Anda sanggup dengan gampang berkoneksi dengan internet. Anda sanggup membawa laptop atau notebook kemana saja yang Anda sukai, hanya dengan menancapkan modem pada laptop, Anda sudah sanggup menggunakannya untuk berinternet ria. Modem mempunyai dua jenis diantaranya internal modem dan juga eksternal modem.

Internal modem merupakan modem yang sudah terpasang pada laptop atau CPU, sedangkan eksternal modem merupakan modem yang dipasang di luar komputer atau laptop. Modem eksternal paling banyak dipakai alasannya yaitu Anda hanya membeli modem tersebut dan mengisinya dengan kartu GSM atau CDMA untuk menikmati jaringan internet. Harga modem eksternal juga cukup terjangkau dan sanggup dipakai bertahun-tahun.

# Pengertian Router
Router yaitu perangkat yang dipakai untuk menghubungkan beberapa komputer untuk berkoneksi dengan internet. Dengan memakai router maka saluran ke LAN sanggup lebih mudah, namun router tidak selamanya menyediakan saluran menuju internet. Untuk menghubungkan router pada internet maka diharapkan modem. Sekarang, router telah mempunyai port Ethernet yang dipakai untuk menghubungkan pada modem DSL. Router bekerja hampir sama dengan switch dan juga bridge alasannya yaitu router berfungsi untuk kemudian lintas data dengan memakai protokol.

Perangkat ini berfungsi untuk membagikan jaringan menjadi subnet-subnet. Tentu saja, modem dan router sangat berbeda bila dilihat dari cara mengakses jaringan internet. Router membagikan jaringan internet ke komputer- komputer pada suatu jaringan. Router berfungsi untuk membagi jaringan kemudian meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

# Perbedaan Moden dengan Router
1. Modem mempunyai layer berjumlah 2 sedangkan router mempunyai layer sebanyak 3
2. Modem merupakan perangkat internet networking sedangkan router merupakan perangkat networking
3. Modem hanya mendapatkan dan mengirimkan data melalui sambungan telepon sedangkan router berfungsi untuk mengarahkan data menuju jaringan
4. Modem hanya sanggup dipakai untuk berkoneksi pada satu atau beberapa komputer dan laptop dengan memakai sofware atau OS. Sedangkan router sanggup terhubung pada beberapa PC melalui Wifi
5. Modem membutuhkan koneksi internet sedangkan router tidak membutuhkan koneksi internet
6. Modem tidak mempunyai network security sedangkan router mempunyai security atau keamanan

# Persamaan Router dengan Modem
Sekalipun modem dan router fungsinya berbeda namun keduanya mempunyai kesamaan tujuan dan saling mendukung. Tanpa modem, router tidak sanggup terkoneksi dengan internet sedangkan modem sanggup terkoneksi dengan internet sekalipun tidak memakai router. Anda sanggup memakai modem atau wireless router untuk memudahkan pekerjaan alasannya yaitu hampir semua perusahaan atau instansi menggunakannya. Dengan harga yang terjangkau, modem jauh lebih gampang dipakai dan banyak peminatnya. Masih resah perbedaaan modem dan router?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel