Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan Kabel Jaringan

Cara menghubungkan komputer/ laptop dengan komputer lainnya dapat memakai kabel jaringan atau Wi-Fi. Namun yang dibahas kali ini menghubungkan komputer dengan LAN (Local Access Network). Biasanya penggunaan LAN diaplikasikan di komputer sekolah, kantor, warnet, dan komputer gaming.

Bila 2 komputer saling terhubung memudahkan kita melaksanakan transfer data, bermain game multiplayer, dan lain sebagainya. Yang diharapkan ialah kabel jaringan, kabel ini banyak dijumapi di toko komputer. Selain itu pastikan komputer/ laptop telah dilengkapi ethernet untuk menghubungkana kabel jaringan ke komputer lain.
Kabel jaringan/ LAN

Port Ethernet

Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan Kabel Jaringan

1. Pertama klik logo jaringan pada toolbar sebelah bawah kanan layar desktop, dan klik Open Network and Sharing Center
2. Pada halaman Network and Sharing Center, klik Local Area Connection, Properties dan double klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Sekarang lakukan setting ip address pada kompuer A menyerupai berikut

3. Pada komputer B silahkan lakukan setting ip address dengan cara yang sama dan memakai ip yang berbeda. Fungsi ip address tahu sendirikan? Jika belum tahu, ip address (internet protocol address) merupakan formasi angka biner antara 32 bit hingga dengan 128 bit yang di gunakan sebagai alamat identifikasi tiap komputer dalam jaringan. Sebab itu ip address harus bersifat unik atau dilarang dua komputer atau lebih mempunyai alamat ip yang sama

4. Untuk melaksanakan tes apakah kedua komputer sudah terhubung, silahkan lakukan ping melalui cmd. Caranya tekan Win + R ketik cmd tekan enter atau dari All Programs, Accessories dan klik Command Prompt. Jika command prompt sudah terbuka pribadi saja ketikkan ping 192.168.0.2 dan tekan enter.

Jika ping berhasil dan ada pesan reply, artinya kedua komputer sudah terhubung dan anda sudah dapat melaksanakan komunikasi baik itu untuk sharing data, membuatkan koneksi, membuatkan resource dan lain-lainnya. Oke sekian artikel Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan Kabel LAN supaya bermanfaat. Silahkan berkomentar jikalau anda menemukan hambatan dikala menghubungkan dua komputer memakai kabel LAN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel