Teknologi Bluetooth 5 Jangkauan Luas Dengan Kecepatan Tinggi

Lama tidak mengikuti perkembangan Bluetooth akibatnya teknologi yang digunakan sudah hingga Bluetooth 5. Dulunya bluetooth sangat popular sebagai media transfer data untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya. Namun sejak munculnya Wi-fi, eksistensi Bluetooth makin meredup.

Tidak mau tergerus zaman, Bluetooth Special Interest Group (SIG) mengumumkan ketersediaan teknologi konektivitas terbarunya, Bluetooth 5 pada selesai 2016 atau awal 2017 mendatang. Keunggulan Bluetooth 5 dibandingkan seri sebelumnya ialah memiliki kecepatan 2 kali lipat dengan jangkauan 4 kali lebih luas.

Bluetooth 5 akan mengubah pengalaman orang di kala internet of things (IoT), dengan menciptakan peranti sekitar makin gampang terhubung, ujar Mark Powell, Executive Director of the Bluetooth SIG. Meningkatnya jangkauan operasi Bluetooth akan memungkinkan koneksi dengan produk-produk IoT yang ada di dinding rumah-rumah masa depan.

Sementara peningkatan data transfer dapat mendukung perpindahan data dan update software yang lebih cepat pula. Karena dapat memancarkan paket warta yang lebih banyak, Bluetooth 5 akan menciptakan layanan pemancar, pengenal lokasi, dan koneksi nirkabel lainnya lebih relevan untuk produk-produk iOT. Saat ini, diperkirakan ada 8,2 miliar produk dengan konektivitas Bluetooth di seluruh dunia. Dengan dikenalkannya Bluetooht 5, maka teknologi itu diproyeksikan akan digunakan oleh sepertiga perangkat IoT pada 2020 mendatang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel