Mengenal Layanan Google Cloud Platform Dan Kelebihannya

Bagi Anda yang gemar membuka internet dan mengkases suatu halaman website/ blog yang terpasang iklan Google AdSense niscaya sering melihat iklan Google Cloud Platform. Saking penasarannya Admin juga tertarik ingin mecari tahu apa itu Google Cloud Platform serta Kelebihannya.

Sebagaimana yang kita tahu produk Google banyak sekali, mereka selalu menciptakan penemuan untuk memudahkan orang lain. Kebutuhan akan penyimpanan data yang kondusif dengan teknologi cloud sangat diminati banyak kalangan. Karena alasan itulah Google mengenalkan produk Google Cloud Platfom.

Google Cloud Platform merupakan sebuah produk layanan Cloud Computing dari Google yang terdiri dari 4 jenis layanan yang kesemuanya bertujuan untuk menciptakan sebuah project berbasis Cloud Computing/ Komputasi Berbasis Internet supaya bisa dimanfaatkan dalam skala global. adapun 4 jenis layanan tersebut ialah Google AppEngine, Google BigQuery, Google Compute Engine dan Google Cloud Storage.

# Kelebihan Menggunakan Layanan Google Cloud Platform

1. Keamanan Data
Menggunakan layanan Google cloud Platform memungkinkan kita untuk mempunyai keamanan data yang sangat terjamin, hal ini merupakan faktor penting untuk membangun sebuah layanan berbasis internet.

2. Fleksibel
Dimanapun kita berada kita bisa mengakses data yang kita simpan di Google Cloud dengan gampang dan yang perlu kita sediakan hanya terusan internet. Anda juga bisa memakai RESTful API supaya aplikasi yang Anda buat bisa di intregrasikan dengan smartphone berbasis Android ataupun iOS Apple.

3. Data Terpusat
Penyimpanan yang terpusat sangat diharapkan untuk membangun sebuah layanan dengan skala besar, terutama apabila pengguna dari layanan tersebut sangat banyak.

4. Menghemat Biaya
Apabila kita memikirkan investasi jangka panjang, layanan Google Cloud bisa menekan biaya pengadaan infrastuktur system yang kita perlukan untuk membangun sebuah aplikasi untuk bisnis kita.

# Jenis Layanan Google Cloud Platform

1. Google AppEngine
Google AppEngine merupakan salah satu layanan google yang memungkinkan menciptakan dan menjalankan aplikasi berbasis web. Layanan ini mempunyai versi gratis dan berbayar yang bisa digunakan, Untuk versi gratis disediakan space penyimpanan 500 MB, Kapasitas Processor dan Bandwith yang ditawarkan Google AppEngine bisa untuk 5 juta page-view setiap bulannya.

Pada dikala awal di luncurkan Google AppEngine hanya mendukung bahasa pemrograman Python, kemudian dikembangkan lagi sampai mendukung teknologi Java, PHP, Go, Ruby dan dilengkapi dengan Farmework Google .
 
2. Google BigQuery
Layanan Google yang satu ini sangat cocok dipakai sebagai tools untuk menganalisis data ukuran besar sampai ukutan mencapai Terabyte atau Petabite dengan membutuhkan waktu hanya hitungan detik. Layanan ini sangat cocok dipakai untuk aplikasi bisnis skala besar. Google BigQuery banyak dipakai oleh perusahaan - perusahaan besar untuk membantu menganalisis data transaksi bisnis mereka.
 
3. Google Compute Engine
Google Compute Engine merupakan sebuah jenis layanan Cloud yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kita membangun sebuah cloud server, Anda bisa mengontrol penuh mesin linux yang dibangun diatas server Google. Layanan ini bisa menampung aplikasi web yang dibangun dengan memakai bahasa pemrograman Ruby atau PHP.

4. Google Cloud Storage
Google Cloud Storage merupakan salah satu produk layanan dari Google yang dikhususkan untuk para developer sebagai media untuk penyimpanan data dengan ukuran yang sangat besar. Layanan ini memungkinkan untuk menciptakan sebuah layanan sharing file, sharing video atau sharing foto dengan sangat gampang tanpa memikirkan bagaimana cara membangun infrastuktur server.

Bagaimana tertarik memulai memakai cloud computing untuk keperluan bisnis atau pembangunan project aplikasi Web, Dekstop ataupun Mobile, kini bisa mencoba memakai beberapa layanan Google Cloud Platform untuk keperluan komputer sekalian terlebih apabila akan memulai mencoba musim pemrograman gres yaitu Cloud Programming.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel