Tips Ampuh Merawat Harddisk (Hdd) Internal Dan Eksternal

Tips Ampuh Merawat Harddisk (HDD) Internal dan Eksternal - Perangkat komputer dekstop (PC) maupun Laptop yang simpel rusak ialah Harddisk. Perangkat ini memiliki fungsi untuk menyimpan data-data di dalam komputer. Oleh sebab itu merawat harddisk hukumnya wajib, jangan hingga kena batch sector maka data Anda melayang.

Paling utama yang mempengaruhi kerusakan harddisk ialah daya listrik, oleh sebab itu bila Anda menggunakan laptop jangan sekali-kali melepas baterai namun sebagai gantinya menggunakan charger laptop. Mereka yang melaksanakan itu berdalih agar baterainya awet, ya niscaya baka lha wong baterainya jarang digunakan. Yang jadi pertanyaan Anda lebih menentukan harddisk atau charger yang rusak duluan?

Kalau untuk komputer dekstop (PC) disarankan penggunakan power suply (PSU) yang bagus, paling tidak ada akta 80+. Bila Anda menggunakan power suply biasa maka daya yang mengalir ke komponen komputer tidak stabil akbitanya terjadi konsleting pada komponen harddisk. Bagi anak kulisan yang tinggal di kos-kosan menggunakan stavolt dan atau UPS

Teknologi harddisk semakin berkembang, sebagai gantinya ada perangkat penyimpanan data yang paling baka yaitu SSD. Perangkat ini diklain 10x kali lipat lebih baka daripada harddisk biasa. Bedannya bila SSD menggunakan chip, sedangkan HDD menggunakan piringan sebagai media penyimpanan data.

Namun bila laptop dan komputer dekstop masih menggunakan HDD, jangan khawatir cepat rusak sebab ada info cara merawat harddisk yang baik dan benar. Berikut ini caranya:

1. Sebaiknya Gunakan Hard Disk Sesuai Kebutuhan
Yang dimaksud adalah, dalam menggunakan sebuah perangkat, pastinya tidak boleh kan menggunakannya secara berlebihan? Berlebihan dengan mencapai batas kemampuannya. Sebaiknya dalam menggunakan hard disk gunakannlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya menggunakan untuk urusan kerjaan dibidang IT, sebaiknya gunakan hard disk di atas kapasitas 500 GB tentu dengan kecepatan 7200 RPM. Dan kalau menggunakannya untuk kegiatan biasa-biasa saja sebaiknya menggunakan hard disk dibawah 500 GB dengan berkecepatan 5400 RPM.

2. Sebaiknya Menggunakan Stabilizer atau Stavolt
Jika Anda sering perhatikan banyak sebuah perangkat komputer rusak jawaban mati listrik. Itu karna mereka kebanyak tidak menggunakan Stabilizer atau Stavolt untuk menstabilkan listrik yang menuju perangkat komputer.

Hal ini tentu sanggup memperpendek umur harddisk. Secara proses kerjanya, kalau perangkat komputer sedang berjalan, dan pastinya harddisk tersebut akan menyimpan segala acara di perangkat komputer. Akan tetapi tiba-tiba listrik di lokasi Anda mati.

Nah proses tersbut akan dilarang secara paksa sehingga akan mengakibatan kerusakan pada harddisk. Pastinya nggak mau kan, makanya sebaiknya gunakan Stabilizer atau Stavolt pada perangkat komputer.

3. Sering Melakukan Defrag Harddisk
Dengan menggunakan perangkat komputer, maka dengan itu penggunaan data-data di hard disk akan mengalami fragmentasi dan tentu akan menciptakan performa harddisk menurun drastis. Nah bagaimana cara menghilangkan fragmen itu. harus melaksanakan proses yang dinamakan defrag.

Akan tetapi ketika melaksanakan proses defrag jangan terlalu sering yah, karna sanggup juga memperpendek umur harddisk kalau dipakai secara berlebihan. Itulah info dari saya mengenai tips merawat harddisk yang eksternal dan internal. Pastinya kalau rajin merawat harddisk, tentu akan membantu memperpanjang umur harddisk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel