Cara Masuk Sebagai Super User Linux Ubuntu

Dalam sistem operasi Linux menyerupai Ubuntu sering terdengar istilah Super User dan User biasa. Apa perbedaan dari kedua istilah tersebut? tidak lain yaitu terletak pada hak kanal Linux. Seperti yang kita ketahui sebagai pengguna Linux biasa disebut User Biasa sedangkan mereka yang suka otak-atik sistem operasi Linux dan ingin masuk ke sistem membutuhkan hak kanal yang disebut Super User.

Cara masuk sebagai Super User melalui terminal Ubuntu dengan mengetik perintah $ su, namun hasilnya Authentication failure. Berbeda jikalau memakai Linux Mint bila mengetik perintah $ su pribadi sebagai Super User. Meskipun Linux Mint dikembangkan dari basis Ubuntu ternyata cara masuk sebagai Super User berbeda.

Di Linux Ubuntuk harus menciptakan dulu Super User beserta passwordnya gres dapat masuk $ su dengan mudah. Baiklah berikut ini cara menciptakan Super User di Linux Ubuntu:
1. Buka terminal Linux Ubuntu
2. Coba ketik perintah $ su dan masukan password, niscaya error kan? artinya Anda harus menciptakan password Super User baru

3. Ketik perintah beriku ini
$ sudo passwd root 

4. Password Super User berhasil dibuat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel