Mengenal 2 Jenis Frekuensi 2.4 Ghz Dan 5.8 Ghz Pada Jaringan Wifi

Tahukah Anda bahwa frekuensi jaringan internet Wifi itu ada 2 yaitu 2.4 GHz dan 5.8 GHz.  Karena mempunyai frekuensi yang berbeda maka jangkauan, tingkat gangguan, tingkat pemakaian, laba dan kelemahan dari masing-masing frekuensi juga berbeda.

Dengan memahami perbedaan frekuensi jaringan Wifi sanggup membantu Anda menentukan saluran point dan wireless router yang sempurna sesuai kebutuhan. Misalkan Anda ingin menangkap sinyal wifi RT/ RW Net maka belilah router yang frekuensinya 2.4 GHz, jangan 5 GHz karen tidak sanggup mendeteksi sinyal.
Tahukah Anda bahwa frekuensi jaringan internet Wifi itu ada  Mengenal 2 Jenis Frekuensi 2.4 GHz dan 5.8 GHz Pada Jaringan Wifi

Untuk memahami perbedaan frekuensi jaringan Wifi 2.4 GHz dan 5.8 Silahkan simak penjelasannya berikut ini:

Perbedaan Frekuensi 2.4GHz dan 5.8GHz
Frekuensi 2.4 GHZ mempunyai beberapa ciri yang sangat terang terlihat yaitu bekerja dengan 3 chanel tanpa overlapping, standar wireless yaitu B, G dan N, jangkauan jaringan yang lebih luas, dan tingkat gangguan yang lebih tinggi. Sementara itu frekuensi 5.8GHz mempunyai sekitar 23 channle non over lapping, dengan standar jaringan A, N dan AC, jangkauan yang lebih kecil dan gangguan yang lebih sedikit dibandingkan dengan frekuensi 2.4GHz.

Kecepatan Jaringan Frekuensi 2.4GHz dan 5.8GHz

Pada dasarnya standar GHz sama sekali tidak menawarkan pengukuran yang terang untuk kecepatan maksimum yang sanggup didapatkan dari jaringan nirkabel. Sebuah perangkat nirkabel yang bekerja untuk frekuensi 5.8 GHz juga sanggup mencapai kecepatan data sampai 54 Mbps, kecepatan ini juga bekerja untuk frekuensi 2.4 GHz. Namun kedua frekuensi ini juga harus diatur sesuai dengan tingkat pemakaian pada lingkungan khusus.

Tingkat Gangguan
Tingkat Gangguan dari frekuensi 5.8 GHz memang lebih kecil dibandingkan dengan tingkat gangguan yang sering muncul pada frekuensi 2.4 GHz. Hal ini sanggup terjadi alasannya ada beberapa perangkat elektronik dan komunikasi lain yang memang menggunakan tingkat frekuensi 2.4 GHz. Frekuensi 2.4 GHz juga sanggup ditemukan untuk jaringan telepon, microwave, komputer dan perangkat lain. Kaprikornus pemakai WiFi dengan frekuensi 2.4 GHz harus berusaha untuk mengurangi beberapa gangguan lingkungan yang terjadi alasannya gesekan jaringan.

Jangkauan Jaringan
Jangkauan untuk 5.8 GHz memang lebih pendek dibandingkan dengan jangkauan yang bekerja untuk frekuensi 2.4 GHz. Untuk menentukan jaringan yang akan digunakan tentu Anda harus menentukan daya jangkauan yang diinginkan. Hukumnya yaitu semakin tinggi frekuensi maka daya jangkauan akan lebih kecil.

Tingkat Pemakaian
Pemakaian frekuensi 2.4 GHz dan 5.8 Ghz harus diubahsuaikan dengan daya pemakaian yang diinginkan. Beberapa tujuan yang paling sesuai untuk 2.4 GHz yaitu untuk saluran internet sederhana ibarat pencarian data, browsing dan penggunakan email saja alasannya beberapa aplikasi ini memang tidak banyak mengambil bandwith dan sanggup bekerja dengan baik meskipun mempunyai daya jangkau jarak yang lebih luas. Namun kalau Anda ingin menggunakan jaringan untuk keperluan yang lebih khusus dan membutuhkan tingkat keamanan khusus maka sanggup menentukan frekuensi 5.8 GHz yang mempunyai daya jangkau jarak yang lebih pendek.

Keuntungan dan Kerugian Frekuensi 2.4 GHz

Keuntungan dari pemakaian frekuensi 2.4 GHz yaitu mempunyai toleransi pemakaian dan gangguan yang lebih kecil kalau dibandingkan dengan frekuensi 5.8 GHz, sesuai untuk pemakaian beberapa perangkat yang membutuhkan WiFi standar ibarat untuk pemakaian WiFi pada ponsel, laptop, dan kamera. Anda juga tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakan frekuensi ini jadi lebih irit dan mudah.

Sementara itu kerugian dari pemakaian frekuensi 2.4 GHz yaitu jumlah channel yang lebih kecil hanya tiga saja, frekuensi ini lebih banyak gangguan dan pemakai yang lebih banyak.

Keuntungan dan Kelemahan Frekuensi 5.8 GHz

Beberapa laba dari pemakaian frekuensi 5.8 GHz yaitu gain antena yang lebih tinggi sehingga sanggup mentransfer data lebih tinggi dibandingkan dengan 2.4 GHz dan gampang untuk ditangani, ukuran zona Fresnel yang lebih kecil dibandingkan dengan frekuensi 2.4 GHz, serta kecil kemungkinan untuk mendapat gangguan dari aneka macam perangkat elektronik dan komunikasi lain. Namun frekuensi 5.8 GHz juga mempunyai beberapa kelemahan ibarat tidak sanggup terkena gangguan dan kendala alasannya daya jangkauan jaringan yang lebih pendek dibandingkan dengan frekuensi 2.4 GHz. Kaprikornus pemakaian 5.8 GHz harus sama sekali tidak terkena halangan ibarat dinding, lokasi dan pohon tinggi.

# Perhatikan Kegunaan Frekuensi Jaringan Wifi 2.4 GHz dan 5.8 GHz
1. Frekuensi 2.4 GHz
Frekuensi 2.4 GHz digunakan oleh laptop/ komputer, smartphone, dan tablet yang dipancarkan oleh Wireless Router.

2. Frekuensi 5.8 GHz
Frekuensi 5.8 GHz digunakan sebagai mediator atau akseptor sinyal Wifi jarak jauh antar saluran point. Misalnya dari tower A ke tower B lalu ke rumah yang ditangkap dengan saluran point menggunakan frekuensi 5.8 GHz.

# Gabungan Kegunaan Frekuensi Jaringan Wifi 2.4 GHz dan 5.8 GHz
Ketika internet kabel tidak menjangkau rumah Anda maka solusinya menggunakan internet jarak jauh lewat jaringan Wireless/ Wifi. Langkah pertama yang harus Anda tepuh mencari Internet Service Provider (ISP). Setelah mendapat ISP dan siap memancarkannya maka kita perlu akseptor Wifi dengan saluran point 5.8 GHz. Supaya sanggup disalurkan ke Laptop/ Komputer, Smartphone, dan peralatan mobile lainnya membutuhkan Wireless Router 2.4 GHz.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel