Perbedaan Blog Dengan Website Secara Terperinci

Berdasarkan sejarahnya, Blog pertama kali telah dipopulerkan oleh Blogger.com yang pemiliknya berjulukan Pyra Labs yang sebelumnya telah diakuisis oleh Google pada simpulan 2002 sampai sekarang. Pada ketika itu, telah terdapat banyak banyak sekali aplikasi yang sifatnya terbuka yang telah diperuntukkan secara khusus untuk para penulis artikel di blog tersebut.

Blog memiliki beberapa fungsi, menyerupai terdapatnya sebuah catatan harian, jadwal media-media, jadwal perusahaan-perusahaan, dan media publikasi dalam sebuah kampanye politik serta masih banyak lagi yang terdapat di blog yang sanggup dipergunakan sesuai dengan fungsinya.
 Blog pertama kali telah dipopulerkan oleh  Perbedaan Blog dengan Website Secara Terperinci

Blog berdasarkan wikipedia Indonesia, yaitu merupakan abreviasi dari web log (aplikasi web) yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selalu demikian. Situs web menyerupai ini memang sanggup diakses oleh semua penggunanya.

Blog memiliki sebuah istilah/ sebutan berdasarkan fungsinya, menyerupai blogosphere. Blogosphere merupakan kumpulan blog atau sering di artikan sebagai situs-situs web yang saling berkaitan berkat adanya blog. Selain itu di blog juga ada istilah blogstorm atau tornado blog yaitu sebuah kumpulan gelombang aktivitas, opini dan warta yang sangat besar dan berulang kali muncul secara kontroversial yang terjadi pada bloosphere.

Komunitas/ Blogger Community

Blogger Comunity/ Komunitas Blogger yaitu sebuah ikatan yang telah terbentuk dari para blogger itu sendiri berdasarkan kesamaan-kesamaan yang telah mereka tentukan, contohnya kesamaan kampus, kesamaan mimpi, kesamaan cita-cita, kesamaan profesi dan lain sebagainya. Para blogger yang memiliki kesamaan-kesamaan tersebut intinya untuk membentuk kekuatan dari komunitasnya, maka mereka sering mengadakan silaturahmi menyerupai kopi darat (Kopdar). Biasnaya para blogger yang tergabung dalam komunitas masing-masing mereka memilih syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk sanggup bergabung dengan komunitas blog mereka.

Jenis-Jenis Blog

 

1. Blog Personal/ Pribadi
Blog jenis ini biasa disebut juga sebagai buku harian berbasis online yang di dalamnya berisikan pengalaman keseharian seseorang, kesenangan seseorang, curahan hati seseorang, syair lagu, curahan puisi, dan lain sebagainya.

2. Blog Bertopik
Blog menyerupai ini biasanya berisis tulisan-tulisan yang fokus pada satu pembahasan atau topik pembahasannya lebih spesifik.

3. Blog Kesehatan
Blog jenis ini biasanya menyajikan tulisan-tulisan yang mengandung manfaat dalam penanganan suatu penyakit, keuhan pasien, ihwal obat-obatan dan sebagainya seputar kesehatan.

4. Blog Media
Blog jenis menyerupai ini biasanya menyajikan goresan pena atau artikel yang membahas suatu warta yang sedang populer, terkini dan sebagainya.

5. Blog Hukum
Blog jenis ini biasanya menyediakan warta seputar kejaidan kasus dan cara mengatasinya sesuai peraturan di dalam hukum.

Website

Situs web atau dalam bahasa Inggris : website yaitu suatu halaman web dimana saling bekerjasama yang pada umumnya berada pada peladen yang sama yaitu berisikan kumpulan warta yang telah disediakan secara perseorangan, kelompok, maupun organisasi. Website pada umumnya telah disiapkan dengan terhubungnya sebuah server yang hanya memerlukan jaringan internet untuk sanggup mengaksesnya, dan sanggup dikases juga melalui LAN (Local Area Network) atau sering dikenal secara terkenal sebagai URL.

Sebuah situs yang tergabung dengan situs lainnya yang sanggup diakses oleh publik melalui internet maka disebut sebagai WWW (Worl Wide Web). Meskipun situs web ini sanggup diakses oleh publik tanpa mengenal latar belkaang dan sebagainya, tetapi website ini juga ada yang dibatasi oleh pemilik website tersebut kepada pengunjung webnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan oleh pemilik website.

Pada sebuah halaman web, itu merupakan berkas yang telah ditulis sebagai berkas teks biasa atau disebut juga plain teks yang telah diatur sedemikian rupa dan telah dikombinasikan dengan instruksi-intruksi menyerupai HTML atau XHTML, tetapi terkadang juga biasa disisipkan sekelumit bahasa skrip. Kemudian akan nampak halaman pada monitor komputer/ PC yang telah diterjemahkan oleh perambaan web.

Sejarah ditemukannya website ini telah diawali oleh Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, dan untuk situs web yang sanggup tersambung dengan jaringan pertamakali dimunculkan pada tahun 1991. Sebuah situs web/ website ini juga sanggup berupa dari hasil kerja individu/ perseorangan, sanggup juga ditandai dengan kepemilikan suatu organisasi, perusahaan, dan lain sebagainya.

Pada umumnya suatu server web telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus yang bertujuan untuk menangani pengaturan nama ranah, juga menangani layanan terhadap protokol HTTP atau sanggup di sebut sebagai Server HTTP (dalam bahasa Inggrisnya: HTTP Server) contohnya menyerupai Apache HTTP Server.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel