Memahami Cara Kerja Teknologi Led Tv

Teknologi yang diterapkan pada televisi telah mengalami beberapa perubahan. Bila dulunya sangat terkenal TV yang memakai tabung CRT, kini muncul lagi teknologi Plasma TV, LCD TV, dan yang baru-baru ini LED TV. LED kepanjangan Light Emitting Diode mempunyai teknologi yang sama dengan LCD dengan pengembangan lebih lanjut dari LCD yang mempunyai dampak display peningkatkan pada warna yang ditampilkan ialah lebih banyak variasi warnanya.

Perbedaan secara fisik pada LED komputer umumnya terletak pada bentuknya yang lebih ramping/ tipis. Pada beberapa tipe LED mempunyai fungsi dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan LCD, menyerupai kemampuan digital touch screen, Digital TV internet, Digital TV tuner. Sedangkan perbedaan secara umum antara LED dan LCD hanya terletak pada sistem pencahayaannya yang memakai teknologi LED backlight. Berbeda dengan LCD yang memakai CCFL Backlight (Cold Cathode Fluorescent Lamp) dalam bahasa Indonesian “lampu neon berjenis fluorescent”, monitor LED bisa menghemat konsumsi listrik sampai 50-70% dibandingkan dengan LCD dengan kemampuan menghasilkan gambar yang sangat tajam.
Teknologi yang diterapkan pada televisi telah mengalami beberapa perubahan Memahami Cara Kerja Teknologi LED TV

Cara kerja Teknologi LED TV
LED memakai cahaya pancaran diode (light emitting diode) sebagai sumber cahaya televisi. LED memakai diode untuk menciptakan banyak vibrant dan image yang berwarna-warni. Warna hitam akan menajdi benar-benar hitam, bukan hitam abu-abu, dan warna LED lebih realistic dibandingkan televisi LCD. Televisi LED mempunyai kontras rasio 500,000:1, juga refresh rate yang tinggi.

Kelebihan Monitor LED:
  • Kontras gambar yang sangat tajam sampai jutaan pixels
  • Konsumsi listrik yang lebih ekonomis dibandingkan dengan LCD
  • Usia pemakaian LED lebih pajang
  • Ukuran yang lebih slim lebih ringan dari pada LCD
  • Pencahayaan lebih baik dibandingkan LCD
  • Lebih ramah lingkungan.
Kekurangan Monitor LED:
  • Harga lebih mahal dibandingkan LCD
  • Layar LED yang lebih tipis cenderung lebih sensitif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel