Mengenal Simbol Ce Pada Peralatan Elektronik

Kalau kita mau mengamati barang elektronik yang ada disekitar kita niscaya ada simbol CE dibelakang atau bawah barang elektronik tersebut. Sering kali kita mengacukan simbol tersebut tanpa ada rasa ingin tau apa maksud dari simbol CE. Berikut ini Tekno Virtual mengulasnya secara lengkap supaya Anda paham dengan simbol CE.
Kalau kita mau mengamati barang elektronik yang ada disekitar kita niscaya ada simbol CE dib Mengenal Simbol CE Pada Peralatan Elektronik

Tanda CE
Penandaan CE (juga dikenal sebagai tanda CE) ialah perintah penyesuaian tanda yang terdapat pada banyak produk yang ditempatkan pada pasar tunggal dalam Kawasan Ekonomi Eropa (EEA) dan barang-barang ekspor dari luar negeri. Tanda CE digunakan untuk meyakinkan bahwa produk tersebut kondusif untuk dipakai.

Sejarah Tanda CE
Awalnya, memakai “Tanda EC” dan secara resmi diganti dengan “Penandaan CE” dalam isyarat 93/68/EEC. Tanda tersebut diwajibkan untuk dibubuhkan pada produk-produk tertentu dalam daerah ekonomi Eropa. Jika tidak dibubuhkan, maka produk tersebut tidak akan diperbolehkan beredar di pasaran.

Kegunaan CE
Penandaan CE digunakan untukproduk yang diadaptasi dengan kepastian kesehatan Eropa, keamanan, dan sumbangan lingkungan perundang-undangan. Penandaan CE ialah wajib bagi produk eksklusif pakai untuk dibubuhkan. Penandaan pabrikan dalam perintah supaya diizinkan dijual dalam pasar Eropa (dalam anggota 15 negara yang tergabung dalam Uni Eropa (EU), Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein.

Demikian Penandaan CE sanggup menjadi tanda barang sebagai paspor barang untuk daerah Eropa. Sebelum Penandaan CE ditandai di produk, syarat pokoknya yaitu industri produk harus dibuktikan dengan mengikuti percobaan dan mekanisme sertifikasi. Disamping itu, beberapa langkah manajemen itu sanggup diartikan harus menganalis risiko atau komplikasi produk itu maka harus diuji dalam laboratorium.

Produk yang ditandai CE dan Produk yang tidak ditandai CE
Penandaan CE digunakan untuk:
  1. Peralatan Medis
  2. Mesin
  3. Instalasi industri
  4. Mainan
  5. Perlengkapan Tekanan
  6. Peralatan Perlindungan Pribadi
  7. Alat Rekreasi
  8. Kulkas
  9. Dll.
Penandaan CE tidak digunakan untuk:
  1. Kosmetik
  2. Kimia
  3. Farmasi
  4. Bahan Makanan.
Rumor ihwal tanda membingungkan CE
Beberapa produk yang dikatakan mempunyai tanda CE yang bangun untuk "Cina Ekspor", yang tidak sesuai dengan spesifikasi Eropa. Kedua karakter berdekatan, tidak ada spasi menyerupai dalam tanda sesuai Eropa.

Berikut ini Logo dari Cina Ekspor:
Kalau kita mau mengamati barang elektronik yang ada disekitar kita niscaya ada simbol CE dib Mengenal Simbol CE Pada Peralatan Elektronik


Berikut ini Logo European conformity:
Kalau kita mau mengamati barang elektronik yang ada disekitar kita niscaya ada simbol CE dib Mengenal Simbol CE Pada Peralatan Elektronik

Note:
  1. Penandaan CE bukan tanda kualitas produk. Pertama, itu ditunjukkan untuk keamanan daripada kualitas suatu produk. Kedua, Penandaan CE ialah perintah untuk ditandai di produk itu mengingat banyak penandaan kualitas dengan sengaja
  2. Banyak orang memakai istilah ‘’Tanda CE’’. Inisial ungkapan ini digunakan untuk menunjukkan kesesuaian penandaan. Bagaimanapun “Tanda CE” diganti secara resmi dengan istilah Penandaan CE di tahun 1993. Demikian itu lebih baik untuk menyampaikan Penandaan CE.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel