Mengenal Lebih Dalam Jaringan Gprs, Edge, 3G, Hsdpa, Evdo Dan 4G

Jika kita salah satu pengguna smartphone, laptop atau produk teknologi lainnya, niscaya kita sering berafiliasi dengan jaringan atau sinyal. Ada cukup banyak sinyal yang dapat kita gunakan untuk membantu keperluan pekerjaan atau lainnya. Beberapa sinyal tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setidaknya ada beberapa sinyal yang sangat familiar di masyarakat diantaranya yaitu GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, EVDO dan 4G. Beberapa jenis sinyal tersebut berkembang ketika muncul jaringan seluler pada tahun 90-an. Dengan memakai teknologi jaringan seluler dalam bentuk digital, maka komunikasi menjadi semakin mudah.
Jika kita salah satu pengguna smartphone Mengenal Lebih Dalam Jaringan GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, EVDO dan 4G

Suara yang dihasilkan oleh teknologi jaringan digital yaitu 1G menghasilkan bunyi yang jernih. Setelah teknologi tersebut lalu mucul jaringan GPS di Eropa dan di Amerika muncul jaringan CDMA. Baik GSM dan CDMA keduanya mengawali generasi kedua jaringan 2G yang memakai teknologi nirkabel. GSM atau Global System for Mobile merupakan teknologi untuk berkomunikasi memakai seluler yang sifatnya digital. Teknologi ini lebih banyak diteraokan pada komunikasi yang aktif atau bergerak. Setelah teknologi ini lalu muncul teknologi-teknologi lainnya yang sangat membantu dalam kehidupan insan diantaranya jenis-jenis sinyal yang sampai ketika ini kita manfaatkan.

Berikut beberapa perbedaan dan pengertian sinyal GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, EVDO dan 4G:

1. GPRS (Global Package Radio Service)
The General Packet Radio Service (GPRS) merupakan sinyal generasi kedua yang lahir tahun 1997. Dengan sinyal ini maka kita dapat terhubung dengan internet kapan saja dan dimana saja. Secara umum, kecepatan sinyal GPRS dapat mencapai 115 kbps sekalipun ketika ini kecepatan tersebut tidak sebanyak itu. Dengan memakai GPRS maka Anda dapat lebih irit dalam pemakaian pulsa internet.

2. EDGE (Enhance Data rates for Global Evolution)
Enchanced Data for Global Evolution (EDGE) yaitu teknologi hasil pengembangan dari GSM, sinyal ini mempunyai kecepatan 384 kbps atau 3 kali dari kecepatan GPRS. Sinyal ini merupakan sinyal 3G yag mempunyai akomodasi sama dengan akomodasi yang disediakan oleh GPRS.

3. 3G (Third-Generation Technology)
Sinyal 3G merupakan sinyal hasil perkembangan dari EDGE dengan nama UMTS ( Universal Mobile Telecommunication Service). UMTS inilah yang sering disebut sebagai jaringan generasi ketiga sehabis 2G. Sinyal 3G menyediakan banyak sekali akomodasi diantaranya yaitu MMS, e-mail dan juga browsing. Selain akomodasi itu sinyal 3G atau UMTS juga mempunyai akomodasi berupa video calling dan video conference. Sintal 3G mempunyai kecepatan jalan masuk sekitar 480 kbps.

4. HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access)
Sinyal HSDPA atau High Spedd Downlink Packet Access yaitu sinyal yang dikembangkan sehabis 3G. Sinyal ini mempunyai kecepatan 9 kali lebih cepat dari sinyal 3G atau dengan kecepatan 3.6 Mbps. Fasilitas yang disediakan oleh layanan ini yaitu video call, mobile TV, mobile video dan juga video content. Sinyal HSDPA mempunyai gambar yang jauh lebih jernih dibandingkan gambar sinyal 3G.

5. EVDO (Evolution Data Optimized)
Evolution Data Optimized merupakan standart untuk transmisi data secara nirkabel yang menjadi generasi 3G. Sinyal ini lebih banyak dipakai untuk CDMA, dan Anda dapat menikmatinya pada modem CDMA atau pada ponsel dengan sim card CDMA. Kecepatan sinyal EVDO jenis Rev. B mempunyai kecepatan sebesar 14.7 Mbps.

6. 4G (fourth Generation Technology)
Setelah sinyal 1G, 2G dan 3G, sekarang Anda dapat menikmati sinyal 4G yang mempunyai kecepatan lebih tinggi. Fourth-generation technology atau sering disebut LTE Advanced merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Kecepatan sinyal 4G sekitar 500 kali lebih cepat dibandingkan CDMA2000. Kecepatan sinyal ini dapat menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. Sistem ini menjadi solusi terbaik untuk IP yang lebih komprehensif. Operator 4G pertama di Indonesia yaitu Sitra WiMAX.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel