Review Hsf Noctua Nh-U9s

Panas ialah salah satu musuh utama pagi para pengguna PC. Jika PC kepanasan (overheat) ada kemungkinan komponen yang di dalamnya akan rusak, bahkan meleleh. Panas dari PC ditimbulkan listrik yang mengalir di aneka macam komponennya, dan salah satu penyumbang panas terbesar di PC ialah prosesor. Itulah sebabnya prosesor selalu dipasangi kipas pendingin.

Bagi sebagian orang, kipas pendingin bawaan prosesor tidaklah cukup. Hal tersebut lantaran perbedaan suhu ruangan serta form-factor PC yang digunakan. Jadi, jangan salahkan PC Anda kalau ia terlihat sering lelet jawaban suhu ruangan yang panas dan serta fatwa udara di dalam casing yang tidak maksimal.
Panas ialah salah satu musuh utama pagi para pengguna PC Review HSF Noctua NH-U9S

Salah satu solusi mengatasi hal tersebut ialah mengganti pendingin bawaan prosesor (stock cooler) dengan pendingin khusus dari merek lain. Noctua ialah salah satu merek yang dikenal luas di komunitas PC. Perusahaan asal Austria yang berfokus pada solusi pendingin PC tersebut telah mempunyai cukup banyak produk, salah satunya ialah Noctua NH-U9S yang kami uji kali ini.
Panas ialah salah satu musuh utama pagi para pengguna PC Review HSF Noctua NH-U9S

Mirip dengan Noctua NH-D9L yang telah kami ulas sebelumnya, Noctua NH-U9S juga sanggup dipakai baik di platform Intel, maupun AMD. Pemasangannya pun tergolong tidak terlalu rumit. Pertama, Anda harus memasang kepingan bracket-nya yang dipasangkan di kepingan belakang motherboard. Bracket tersebut kemudian dihubungkan dengan penyokong utama yang telah disediakan. Noctua juga telah menyediakan aneka macam peralatan pendukung, mulai dari baut, thermal paste, sampai obengnya.
Panas ialah salah satu musuh utama pagi para pengguna PC Review HSF Noctua NH-U9S

Perbedaan Noctua NH-U9S dengan Noctua NH-D9L terletak di heatsink-nya. Noctua NH-U9S memakai sebuah heatsink yang bangun di tengah. Heatsink tersebut dilengkapi dengan 10 heatpipe yang terhubung ke kepingan yang berafiliasi dengan prosesor.

Penggunaan 10 heatpipe menciptakan Noctua NH-U9S bisa mendistribusikan panas dan mendinginkan prosesor dengan sangat baik. Noctua NH-U9S tidak memakai teknologi DHT (heat Thermal Direct) sehinga prosesor tidak melekat eksklusif dengan heatpipe-nya.

Noctua NH-U9S juga telah mendukung penggunaan dua kipas yang sanggup dipasangkan di dua sisi heatsink-nya. Penggunaan dua kipas tentunya akan menciptakan pendinginan lebih maksimal dan suhu PC sanggup diturunkan.
Panas ialah salah satu musuh utama pagi para pengguna PC Review HSF Noctua NH-U9S

Dari hasil pengujian yang kami lakukan pada prosesor AMD A10 7850K, kami memantau suhu prosesor tersebut sanggup dijaga dengan stabil di 40 derajat pada penggunaan normal. Ketika kami membebani prosesor dengan aneka macam macam aplikasi benchmark menyerupai 3DMark, PCMark, dan Cinebench, suhunya tidak pernah melebihi 60 derajat.

Melihat stabilnya suhu tersebut, kami pun berkesimpulan bahwa Noctua NH-U9S sangat cocok untuk dipakai sebagai pendingin para overclocker yang ingin meng-overclock prosesornya. Tentunya, overclocking yang sanggup dilakukan hanya sebatas overclocking standar, bukan kelas ekstrem.

Satu hal yang paling kami suka dari Noctua NH-U9S ialah tingkat kebisingannya. Saking senyapnya, bahkan suaranya masih tidak terdengar saat kami menempelkan indera pendengaran kami dengan jarak beberapa sentimeter dari kipasnya. Di luar sana, memang banyak pendingin yang bisa mendinginkan prosesor Anda dengan baik, namun sangat jarang kami temukan sebuah pendingin yang bisa bekerja dengan senyap menyerupai ini.

Meskipun hadir sebagai pendingin prosesor kelas menengah, Noctua NH-U9S bisa tampil layaknya pendingin kelas atas. Kualitas materialnya yang tinggi serta desainnya yang sangat baik menciptakan pendingin ini bisa bersaing dengan merek pendingin lainnya di pasaran. Selain itu, Noctua NH-U9S juga hadir dengan paket penjualan yang sangat lengkap, sehingga Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan perlengkapan lain saat ingin memasangkan pendingin ini di PC Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel