Cara Mendeteksi Kerusakan Komponen Komputer

Komputer tersusun dari beberapa komponen hardware yang dirangkai menjadi satu hingga komputer sanggup dijalankan. Komponen komputer tersebut ialah prosesor, mainboard, RAM, Harddisk, VGA, dan Power Suply. Bagi Anda yang hobi merakit komputer atau bongkar laptop niscaya tahu fungsi dari masing-masing komponen tersebut.
Komputer tersusun dari beberapa komponen hardware yang dirangkai menjadi satu hingga kompu Cara Mendeteksi Kerusakan Komponen Komputer

Seperti halnya dokter mendiagnosa penyakit pasien, ternyata kerusakan komponen komputer sanggup diketahui dari ciri-cirinya. Setiap komponen hardware memperlihatkan pesan atas kerusakannya ibarat layar blank dan komputer tidak sanggup dinyalakan.

Berikut ini cara mendeteksi kerusakan komponen komputer:

1. Power Supply
Jika komputer tidak sanggup menyala sama sekli, periksa kabel power apakah sudah benar-benar terhubung dengan baik atau belum, periksa juga tombol switch didepan CPU apakah sudah menyala atau belum, jangan lupa cek kabel power apakah masih cantik atau tidak, bila terjadi tanda-tanda ibarat ini berarti power supply rusak dan harus diganti yang baru.

2. VGA dan Monitor
Bila komputer menyala tapi tidak ada tampilan pada monitor, dan terdengar suara beep ketika inyalan, kemungkinan hal ini terjadi kerusakan pada VGA atau sanggup juga pada monitor, cobalah untuk mengetes dengan VGA atau Monitor lain yang masih berfungsi baik.

3. RAM
Kerusakan pada RAM juga sering terjadi, pada ketika power supply menyala namun tidak sanggup masuk ke windows dan tidak ada suara beep. Cobalah untuk membersihkan slot RAM dengan memakai kuas dan bersihkan RAM dengan penghapusan. Namun kalau masih belum sanggup cobalah untuk mengganti RAM dengan yang baru.

4. Mother Board/ Mainboard
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas processor berputar, tidak ada suar beep di speaker, hal ini perlu diperhatikan juga alasannya ialah sanggup jadi alasannya ialah kondisi yang kotor atau memang sudah lemah.

5. Harddisk
Jika komputer menyala, namun tidak sanggup masuk ke windows dan harddisk tidak terdeteksi, cobalah copot kabel harddisk kemudian pasang kembali.

Berbagai hal diatas tidak menutup kemungkinan pada kerusakan yang lain. Kaprikornus kalau ada kerusakan coba dengan mengganti satu persatu komponen komputer yang rusak hal ini untuk mengetahui mana yang perlu diganti. Dengan begitu Anda akan tahu inti kerusakan itu dimana. Mulai kini sayangi komputer Anda dan perhatikan selalu kondisinya, dengan adanya warta ini mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel