Memahami Perbedaan Internet, Intranet, Dan Extranet

Dalam kehidupan sehari-hari tidak sanggup lepas dengan yang namanya internet. Dengan internet kita sanggup melaksanakan apa saja menyerupai mencari informasi, bertukar pesan, membuka jejaring sosial dan lain sebagainya. Bisa dikatakan internet sanggup membantu memudahkan insan dalam memperoleh informasi.

Mungkin Anda pernah mendengar istilah internet, intranet, dan extranet. Apakah keduanya sama atau mempunyai perbedaan diantara keduanya. Supaya Anda paham apa yang membedakan internet, intranet, dan extranet sebaiknya paham dulu definisi diantara ketiganya.

Pengertian Internet, Intranet, dan Extranet

1. Pengertian Internet
hari tidak sanggup lepas dengan yang namanya internet Memahami Perbedaan Internet, Intranet, dan Extranet

Internet (interconnection-networking) yakni seluruh jaringan komputer yang saling terhubung memakai standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/ IP) sebagai packet switching protocol (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di internet dunia.Rangkaian dunia yang disebut Internet. Bagaimana menghubungkan sirkuit dengan hukum ini disebut internetworking (“antara jaringan”).

2. Pengertian Intranet
Intranet yakni jaringan langsung (private network) yang memakai protokol Internet (TCP / IP), untuk membagi gosip diam-diam perihal perusahaan atau operasi perusahaan untuk karyawannya. Kadang-kadang, istilah ini mengacu hanya untuk intranet layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan.
hari tidak sanggup lepas dengan yang namanya internet Memahami Perbedaan Internet, Intranet, dan Extranet

Untuk membangun sebuah intranet, maka jaringan harus mempunyai beberapa komponen yang membangun Internet, Internet Protocol (TCP/ IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan server. HTTP dan protokol Internet lainnya (FTP, POP3, SMTP atau) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

3. Pengertian Extranet
Extranet atau Ekstranet yakni jaringan langsung yang memakai protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian gosip bisnis atau operasi secara kondusif kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), kawan (partner), pelanggan dan lain-lain.
hari tidak sanggup lepas dengan yang namanya internet Memahami Perbedaan Internet, Intranet, dan Extranet

Extranet sanggup juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet sanggup bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Perbedaan antara Internet, Intranet, dan Extranet
Internal Network atau yang biasa disebut dengan intranet pengertianya juga sama dengan internet, yaitu sebuah jaringan komunikasi yang sanggup menghubungkan beberepa komputer. Perbedaanya yakni pada jangkauan yang sanggup dijangkau oleh jaringan intranet.

Jangkauan dari intranet ini lebih sempit kalau dibandingkan dengan internet. Misalnya, jaringan pada suatu perusahaan yang hanya dikhususkan untuk perusahaan itu saja tanpa sanggup diketahui oleh orang lain. Dan kalau perusahaan ini menginginkan orang lain sanggup melihatnya, maka jaringan ini akan disebut dengan ekstranet.

Jaringan ekstranet yakni jaringan pada suatu perusahaan yang mempublikasikanya kepada khalayak umum, tapi data-data yang ada didalam perusahaan tersebut tidak sanggup dirubah-rubah oleh khalayak umum. Sedangkan perusahaan tersebut masih sanggup leluasa merubah isi data-data dari perusahaan.

Pada dasarnya adalah, perbedaan antara internet, intranet, dan ekstranet terletak pada titik jangkauan yang sanggup dijangkau oleh masing-masing jaringan.

Ciri-Ciri Internet dan Intranet
Internet
  1. Bersifat publik (untuk kepentingan umum)
  2. Pada umumnya dipakai oleh banyak orang
  3. Dapat diakses oleh siapa saja
  4. Informasi yang tersedia melimpah dan tak terbatas
  5. Merupakan kumpulan dari LAN, WAN, dan MAN.
Intranet
  1. Bersifat langsung (untuk kepentingan organisasi)
  2. Pada umunya hanya dipakai dalam perusahaan
  3. Hanya sanggup diakses oleh orang yang mempunyai otoritas
  4. Informasi yang tersedia spesifik (untuk perusahaan)
  5. Umumnya merupakan jaringan LAN, WAN atau MAN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel