Keunggulan Teknologi Cloud Hybrid

Teknologi Cloud Hybrid memang sudah terdengar semenjak tahun lalu. Tapi banyak pakar cloud computing yang meramalkan jika teknologi ini gres akan benar-benar berjalan di tahun 2016. Salah satu alasannya alasannya semakin banyak yang bermigrasi memakai cloud computing dan rasa khawatir mereka akan keamanan data yang tersimpan pada layanan cloud.

Hybrid berarti menggabungkan dua hal yang berlawanan. Hybrid cloud berarti teknologi yang mengkombinasikan public cloud dengan private cloud. Cloud computing dikatakan hybrid cloud paling tidak diharapkan satu private cloud dan satu public cloud. Kedua cloud ini harus bekerja secara terpisah dan berdikari tetapi rehubung melalui jalur komunikasi yang terenkripsi sampai data bisa berpindah secara aman.

Teknologi ini memungkinkan pengguna menyimpan data perusahaan yang tidak sensitif di public cloud ibarat onedrive dan data sensitif ibarat data percobaan produk terbaru di private cloud. Manfaat yang paling terperinci terlihat dari penerapan teknologi ini yaitu pengguna bisa mempunyai infrastruktur sendiri tanpa bergantung pada infrastruktur pihak ketiga. Serta meminimalisir susukan yang akan terganggu ketika koneksi internet sedang tidak dekat atau infrastruktur mengalami kerusakan.

Dalam mengimplementasikan teknologi hybrid cloud ada tiga faktor yang harus menjadi perhatian utama, yaitu:

1. Keamanan
Faktor yang paling penting dan harus ada dalam penerapan cloud computing yaitu menerapkan keamanan terbaik dalam menentukan public cloud dan enkripsi data pada dikala data melaksanakan transit serta kejelasan siapa yang berhak mengakses data yang tersimpan di sana.

2. Konektivitas
Hubungan yang stabil sekaligus mempercepat susukan data dan meningkatkan keamanan yaitu suatu keharusan. Salah satu solusi terbaik yaitu memakai akess VPN untuk menyediakan isolasi IPSec dan enkripsi. Selain itu memakai koneksi WAN untuk menghubungkan eksklusif public dan private cloud juga bisa menjadi solusi.

3. Portabilitas
Setelah faktor keamanan dan konektivitas faktor selanjutnya yang harus dipikirkan yaitu portabilitas antara kedua cloud. Mengatur portabilitas ini memang menyita banyak waktu dan tenaga tetapi akan menawarkan manfaat luar baisa bagi perusahaan yang memakai teknologi hybrid ini. Jangan lupa, kemampuan untuk memindahkan dan mengalihkan data dari public ke private cloud dan sebaliknya yaitu fungsi atau nilai utama dari teknologi hybrid cloud ini.

Teknologi cloud hybrid ini terdengar sederhana. Hanya sebatas memindahkan data antar cloud. Tapi bagi pengguna cloud computing, ini yaitu sebuah teknologi terobosan. Cloud computing yaitu teknologi yang masih akan terus berkembang. Segera bermigrasi memakai cloud computing sebelum terlambat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel