Mengenal 16 Mesin Pencari Yang Ada Di Dunia Internet

Mesin pencari atau search engine yaitu sebuah alat penelusuran untuk menelusuri keyword (kata kunci) yang ingin dicari. Mungkin Anda hanya mengenal beberapa mesin pencari ibarat Google.com, Yahoo.com, dan Bing.com. Namun selain ke-3 mesin mencari yang disebutkan tadi ternyata masih banyak lagi. Setidaknya ada 16 search engine yang masih aktif dan bisa dipakai hingga ketika ini.

Anda bisa mencoba beberapa mesin pencari yang dijabarkan berikut ini, ya hitung-hitung mancari pengalaman gres memakai mesin pencari lain. Anda juga bisa membandingkan diantara ke-16 mesin pencari tersebut manakah yang paling akurat? baiklan berikut ini 16 mesin pencari yang ada di dunia maya dan aktif hingga ketika ini.

16 Mesin Pencari Yang Ada Sampai Saat Ini

1. Google (http://www.google.com)

Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.

Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui banyak sekali jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

2. Yahoo (http://www.yahoo.com)

Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal alasannya yaitu portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, menyebarkan video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! yaitu salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.

Yahoo! yaitu sebuah portal web terkenal yang dioperasikan perusahaan yang berjulukan Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), inspirasi itu berawal pada bulan April 1994, di mana ketika itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota alasannya yaitu cuti besar.

3. Bing (http://www.bing.com)

Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai mesin pengambil keputusan/decision engine) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan memakai suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email.

Pada Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan mengatakan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan gres yang dikenal sebagai Tiger ini telah dimasukkan ke Bing secara global, semenjak Agustus 2011. Pada Mei 2012, Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang meliputi (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk mendapat informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.

4. Duckduckbot (https://duckduckgo.com)

Merupakan mesin pencari secara anonim yang dibentuk oleh Gabriel Weinberg pada tahun 2008. yakni mempunyai kelebihan yang tidak kalah andal dari mesin pencari lainnya. Seperti pencarian yang lebih baik dan kurangnya redundansi atau pengulangan serta mempunyai iklan yang sedikit, namun kelebihan utama yang ditekankan yaitu menghargai privasi penggunanya, dengan begitu kau akan lebih nyaman memakai mesin pencari ini.

5. Starpage (https://startpage.com)

Tepatnya 2005 mesin pencari ini diluncurkan. Startpage yaitu mesin pencari anonim yang wajib kau pertimbangkan kalau kau tidak suka informasi pribadimu dicatat secara online. Perusahaan ini mulai menghapus file log yang diadakan informasi pribadi pada awal 2006. bahkan sebelum 2009 mereka berhenti merekam alamat IP dari para penggunanya. Kamu bisa memanfaatkan Ixquick server proxy Startpage untuk memakai internet secara anonim.


6. Web Crawler (https://www.webcrawler.com)

Web crawl sanggup dipakai untuk bermacam-macam tujuan. Penggunaan yang paling umum yaitu yang terkait  atau berafiliasi pribadi dengan search engine. Search engine memakai web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya yaitu mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine sanggup dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.

Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia membaca teks yang terlihat, hyperlink, dan konten banyak sekali tag yang dipakai dalam situs ibarat meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan memilih situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap halamannya.

7. Yandek (https://www.yandex.com)

Walaupun Yandex.com gres saja dirilis secara beta di tahun 2010 namun bahwasanya Yandex sendiri sebagai perusahaan Internet Rusia telah menjadi raja di negaranya dalam hal mesin pencari. Hal itu dicapai mereka dengan Yandex.ru yang yaitu mesin pencari nomor 1 di Rusia.

Salah satu alasan mengapa mesin pencari ini sanggup popular yaitu alasannya yaitu ia memperlihatkan kesempatan bagi orang-orang untuk melaksanakan pencarian halaman dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, dan bahasa Eropa lainnya. Dalam update terakhir mereka, mereka menyatakan bahwa tidak akan ada lagi klik yang tidak mempunyai kegunaan dan mereka akan memperlihatkan mesin pencari yang sekedar mencari namun juga menuntaskan masalah.

8. Dogpile (http://www.dogpile.com)

Dogpile.com yaitu salah satu mesin pencari paling popular di Internet. Bermula di tahun 1996, Dogpile pernah menjadi salah satu mesin pencari popular di Internet sebelum kemunculan Google. Sayangnya begitu Si Raja Mesin Pencari muncul, dogpile harus mengalami kemerosotan dan alhasil diakuisisi oleh Go2net.  Sekarang ini Dogpile dikatakan kembali dengan indexing yang lebih baik dimana ia menggabungkan banyak sekali pencarian dari mesin pencari dunia yang akan Anda lihat di daftar ini. Seperti Google, Yahoo!, Yandex, Ask, Bing, dan banyak lainnya.

9. Looksmart (http://www.looksmart.com)

Looksmart yaitu penggerak industri periklanan pencarian online. Didirikan pada tahun 1997, Look Samrt salah satu search egine pertama menyediakan kemampuan internet pencari. Selama bertahun-tahun, Look Smart telah menyediakan solusi pengiklannan seperti, MSN, dan Ask yaitu salah satu sponsor dari looksmart. Looksmart berfokus pada menghubungkan pengiklan dan penayangan di jaringan pencarian dengan kualitas tinggi tinggi.

Looksmart yaitu salah satu Search Egine pencarian iklan terbesar, pengolahannya lebih dari 2 milyar query per hari. Look Smart  melayani iklan berbasis teks yang berkualitas tinggi. Look Smart menyediakan iklan itu secara pribadi dengan bermacam-macam ribuan pencarian pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look Smart menghubungkan pengiklanan dengan protokol jaringan yang berkualitas tinggi. Look Smart bangun dengan industri terkemuka dengan janji terhadap kualitas Protokol Jaringan.

10. Excite (http://www.excite.com)

Excite merupakan search engine yang serupa dengan yahoo. Keistimewaan Excite yaitu pilihan sajian yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup baik. Excite merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui berita-berita terbaru dari beberapa sumber ibarat Reuters dengan sajian barunya yang disebut Today on Excite walaupun tidak tergolong excellent. Search engine ini baik bagi pemula alasannya yaitu kemudahan pencariannya yang gampang dan sederhana. Selain itu, excite juga dilengkapi dengan kemudahan chatting, business news, sport news dan lain-lain.

11. Gigablast (http://www.gigablast.com)

Gigablast yaitu mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, sesudah menciptakan situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melaksanakan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun memakai alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir mempunyai satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan hanya memakai biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).

12. Aol (http://www.aol.com)

AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL yaitu Gameline. Pada tahun 1983, Steve Case dipilih jadi konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi kakaknya, banker investasi Dan Case. bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi konsultan manufaktur Control Video, tapi erat kebangkrutan.

Kimsey dibawa oleh Frank Caufield tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff sebagai CTO. Pada tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus buat komputer Commodore 64 dan Commodore 128 dengan nama Quantum Link.

13. Ask (http://www.ask.com)

Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana Jeeves yaitu nama gentleman pribadi laki-laki ini, atau pelayan, mengambil balasan atas pertanyaan ditanyakan. Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya Wodehouse PG. Ide orisinil di balik Ask Jeeves yaitu untuk memungkinkan pengguna untuk mendapat balasan atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com ketika ini masih mendukung ini, dengan santunan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.

Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa memakai kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini mempunyai kegunaan untuk mengetahui balasan dari pertanyaan. Ask merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita.

14. Joeant (http://www.joeant.com)

Joeant memperlihatkan direktori edited insan untuk menyediakan direktori situs berkualitas bagi pengguna Internet. Dibuat oleh sekelompok selusin mantan Go.com (Disney) relawan Go Guides, JoeAnt lahir dari harapan untuk menyediakan hasil yang relevan dalam banyak sekali macam topik, dan berusaha untuk bekerja dengan membentuk komunitas editor di mana orang tertarik sanggup ikut Diluncurkan pada 24 Mei 2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi sebuah direktori besar dengan daftar editor besar.

15. Lycos (http://www.lycos.com)

Lycos yaitu mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian bermetamorfosis suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.

Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.

16. Mamma (http://www.mamma.com)

Mamma merupakan tumpuan metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh banyak sekali mesin pencari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel