Mengenal 4 Macam Jaringan Komputer Yang Ada Ketika Ini

Jaringan komputer ialah sebuah telekomunikasi yang memungkinkan antar pengguna komputer atau device yang dilengkapi jaringan internet untuk berukar data. Cara gampang memahaminya, jaringan adalaah media untuk menghubungkan internet dari provider ke client.

Dengan mempelajari 4 macam jaringan komputer sanggup menambahk wawasan kita ihwal ilmu jaringan. Berikut ini Teknologivirtual menjelaskan 4 macam jaringan komputer yang ada hingga dikala ini sebagai media telekomunikasi.

Ditinjau dari jangkauan, kecepatan tarnsfer data, dan ukuran jumlah mesin, jaringan komputer dikelompokan menjadi 4 macam yaitu: jaringan komputer LAN, jaringan komputer MAN, jaringan komputer WAN, dan jaringan komputer WMAN.

Mengenal 4 Macam Jaringan Komputer Yang Ada Saat Ini:

1. Jaringan Komputer LAN

LAN ialah akronim dari Local Area Network. Jaringan komputer LAN ialah sekelompok komputer yang semua milik organisasi yang sama, dan yang terkait dalam wilayah geografis yang kecil memakai jaringan, dan sering teknologi yang sama (makhluk paling luas Ethernet ).

Sebuah jaringan area lokal ialah jaringan dalam bentuk yang paling sederhana. Kecepatan transfer data melalui jaringan area lokal sanggup mencapai hingga 10 Mbps (seperti untuk Ethernet jaringan) dan 1 Gbps (seperti dengan FDDI atau Gigabit Ethernet ). Sebuah jaringan area lokal sanggup mencapai sebanyak 100, atau bahkan 1000, pengguna.

Dengan memperluas definisi dari LAN ke layanan yang diberikannya, dua mode operasi yang berbeda sanggup didefinisikan: Dalam peer-to-peer jaringan, di mana komunikasi dilakukan dari satu komputer ke komputer lain, tanpa komputer pusat, dan di mana setiap komputer mempunyai tugas yang sama. Dalam client/ server, di mana komputer sentra menyediakan layanan jaringan kepada pengguna.

2. Jaringan Komputer MAN

MAN (Metropolitan Area Networks) menghubungkan beberapa LAN geografis terdekat satu sama lain (di area seluas hingga beberapa lusin kilometer) dengan kecepatan tinggi. Dengan demikian, MAN memungkinkan dua node terpencil berkomunikasi seakan-akan mereka ialah bab dari jaringan area lokal yang sama. Sebuah MAN terbuat dari switch atau router yang terhubung satu sama lain dengan link kecepatan tinggi (biasanya kabel serat optik).

3. Jaringan Komputer WAN 

WAN atau (Wide Area Network atau jaringan diperpanjang) menghubungkan beberapa LAN satu sama lain melalui jarak geografis yang besar. Kecepatan yang tersedia pada WAN bervariasi tergantung pada biaya koneksi (yang meningkat dengan jarak) dan mungkin rendah. WAN beroperasi dengan memakai router, yang sanggup menentukan jalan yang paling sempurna untuk data untuk mengambil untuk mencapai node jaringan.

4. Jaringan Komputer WMAN

Sebuah Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) juga dikenal sebagai Wireless Local Loop (WLL). WMANs didasarkan pada standar IEEE 802.16. wireless local loop sanggup mencapai kecepatan transfer efektif 1 hingga 10 Mbps dalam jarak 4 hingga 10 kilometer, yang membuatnya mempunyai kegunaan terutama untuk perusahaan telekomunikasi. Jaringan area metropolitan nirkabel yang paling populer ialah WiMAX , yang sanggup mencapai kecepatan di urutan 70 Mbps lebih radius beberapa kilometer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel