Mengenal 3 Jenis Simcard Untuk Ponsel Anda

SIMCARD atau katu nomor telpon yaitu bab terpenting dari sebuah ponsel. Dengan Simcard inilah kita sanggup terhubung dengan teman, sudara, dan rekan bisinis. Simcard juga sanggup menghubungkan kita dengan dunia maya (internet) dengan paket internet yang ditawarkan oleh provider.

SIM yaitu singatan dari Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module. Simcard berarti sebuah kartu yang mempunyai nomor identitas unik yang digunakan pada telephone bergerak (mobile phone) pada jaringan seluler.


Simcard bisa menyimpan nomor telpon, melaksanakan panggilan dan mendapatkan SMS, asalkan ada pulsa hehe. Baiklah kembali ibarat judul di atas, Mengenal 3 Jenis Simcard Untuk Ponsel Anda, artinya ada 3 jenis atau bentuk Simcard yang ada dipasaran sesuai dengan ponsel yang digunakan.

Dulu Simcard jenisanya hanya satu yaitu Standar SIM. Namun semenjak munculnya smartphone Android dan iPhone Sukuran Simcard semakin mengeceil. Yang mempelopori penggunaan ukuran Simcard kecil adalah Apple dengan iPhone. Sekarang hampir semua smartphone yang memakai DudalSimcard menggunakan ukuran Simcard Kecil.

Mengenal 3 Jenis SIMCARD Untuk Ponsel Anda:
1. Simcard standard (Standard Simcard)
2. Simcard mikro (Micro Simcard)
3. Simcard nano (Nano Simcard).

#1. Simcard Standard
Simcard jenis ini kadang disebut juga Simcard mini (Mini Simcard) atau Simcard reguler (Reguler Simcard). Simcard yang banyak digunakan pada handphone lawas. Beberapa smartphone dan tablet juga masih memakai simcard ukuran ini. Namun smartphone keluaran gres nampaknya sudah banyak yang memakai simcard mikro. Ukuran fisik simcard standard yaitu panjang: 25mm, lebar: 15mm dan tebal:  0.76mm.

#2. Simcard Micro
Simcard jenis ini umumnya banyak digunakan pada smartphone ketika ini. Ukuran fisiknya yaitu panjang: 15mm, lebar: 12mm dan tebal: 0.76mm. Untuk mendapatkan simcard ukuran mikro, bisa dilakukan dengan cara memotong simcard standar. Sehingga kalau kita membeli smartphone yang memakai simcard mikro, sementra simcard kita ukurannya standard, biasanya penjualnya membantu memotongkan simcard kita tersebut menjadi ukuran simcard mikro.

#3. Simcard Nano
Simcard jenis ini masih cukup jarang digunakan. Jenis ini merupakan jenis simcard terkecil ketika ini. Ukuran fisiknya yaitu panjang: 12.3mm, lebar: 8.8mm, tebal : 0.67mm. Namun sebagian produk smartphone keluaran tahun 2015 sudah memakai simcard nano ini. Misalkan kalau anda membeli smartphone produk Apple, iPhone 5 sampai iPhone 6S, sebaiknya anda menyiapkan jenis simcard nano ini. Karena ke dua seri produk Apple ini memakai simcard ukuran nano. Begitu juga dengan produk smartphone Samsung terbaru, Galaxy S6 dan Galax

Berikut gambar ketiga jenis simcard

Berikut tabel perbandingan ukuran dari ketiga jenis simcard

Jenis SImcardPanjang (mm)Lebar (mm)Tebal (mm)Alias
Standard25150,76Mini Simcard, 2FF
Micro15120,763FF
Nano12,308,80,674FF

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel