Ram Dual Chanel Unggul Installed Memory Daripada Single Chanel

RAM yaitu satu kompononen komputer yang tidak sanggup dilepaskan dalam rangkain komputer. RAM berfungsi sebagai penyimpanan data sementara dikala komputer menjalankan perintah atau kegiatan komputer. Semakin besar kapasitas RAM sanggup mempecepat kinerja komputer, begitu juga sebaliknya kalau RAM kecil maka komputer praktis lemot.

Maiboard/ Motherboad Komputer Dekstop dan Laptop ada yang menyediakan slot Memory RAM 1 dan 2, bahkan 4 hingga 8. Tujuannya biar sanggup memakai RAM lebih dari 1 keping. Nah kali ini Teknologivirtual membagikan informasi mengenai keunggulan RAM Dual Chanel daripada Single Chanel.

 RAM Dual Chanel on Mainboard

# Pebedaan RAM Single Chanel dan RAM Dual Chanel
Dari segi jumlah penggalan yang dipakai RAM dibedakan menjadi 2 macam yaitu Single Chanel dan Dual Chanel. Selain itu ada juga RAM Quad Chanel dengan harga yang jauh lebih mahal. Seperti namanya Single Chanel, RAM ini sanggup bekerja memakai 1 keping RAM.
Dual Chanel sanggup bekerja memakai 2 keping RAM, kalau salah satu RAM dilepas maka tidak jalan. Misalnya Anda membeli RAM Corsai 8 GB yang terbagi 2 (2x4), jadi ada 2 keping RAM yang terpasang di Mainboard Komputer. Bila salah satu RAM dilepas, 1 keping RAM 4 GB tidak bekerja.

Beda kalau Anda memakai RAM Single Chanel, contohnya Anda ingin memakai RAM 8 GB pada Mainboard Komputer dengan membeli RAM Single Chanel 2 keping. Masing-masing penggalan berukuran 4 GB. Nah RAM jenis ini mau dipasang 1 keping atau 2 keping tetap sanggup bekerja.


Single Chanel Memory
Dual Chanel Memory

# Perfoma RAM Single Chanel dan Dual Chanel
RAM Single Chanel, Dual Chanel, dan Quad Chanel mempunyai kelebihan masing-masing. RAM Single Chanel cenderung unggul dari segi pemasangan alasannya yaitu mau pakai 1 keping, 2 keping, 3 keping, dan 4 keping tetap sanggup bekerja. Sedangkan RAM Dual Chanel dan Quad Chanel harus terpasang semuanyta, tidak sanggup memakai 1 keping.

Dari segi perfoma RAM yang mempunyai Chanel lebih banyak lebih unggul daripada Single Chanel. Hasil ini terbukti dari jumlah Memory RAM yang digunakan. RAM Single Chanel tidak sanggup memakai Installed Memory RAM secara penuh, sedangkan RAM Dual Chanel dan Quad Chanel Installed Memory RAM sanggup penuh.

Berikut ini hasil penggunaan RAM Single Chanel dan Dual Chanel. Bila Anda memakai RAM Single Chanel niscaya statusnya Usable, sedangkan Dual Chanel dan Quad Chanel goresan pena Usable tidak ada.

 Installed Memory (RAM) Usable

Installed Memory RAM (Full)

# Lebih Baik Menggunakan RAM Dengan Chanel Lebih Banyak
Sebenarnya mau memakai RAM Single Chanel, Dual Chanel, dan Quad Chanel perbedaannya tidak terlalu mencolok kalau komputer dipakai untuk menjalankan kegiatan ringan ibarat lihat filem, membuka Microsoft Office, dan lain sebagainya.


Namun kalau dipakai untuk online dengan membuka beberapa browser sekaligus, dan dalam satu browser membuka banyak tab, disinilah RAM Dual Chanel lebih unggul. Tidak ada yang namanya hang/ cras. RAM Dual Chanel dan Quad Chanel disukai oleh gamer dan desaner. Rata-rata gamer yang gila perfoma niscaya memakai RAM Dual Chanel Daripada Single Chnael.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel