Pengertian Uefi Bios Dan Legacy Os Pada Pilihan Boot Mode

Bagi Anda yang sering melaksanakan installasi komputer niscaya tidak abnormal dengan yang namanya UEFI dan Legacy OS pada pilihan sajian boot mode BIOS. Yang jadi pertanyaan, sudahkah Anda mengerti apa itu UEFI dan apa Legacy BIOS. Baiklah untuk menjawabnya silahkan simak uraiannya berikut ini.

Memahami pengertian UEFI BIOS dan Legacy OS sangatlah penting alasannya ialah berkaitan dengan sistem operasi yang dipasang memakai boot mode UEFI atau Legacy OS. UEFI BIOS hampir ada dilaptop keluaran terbaru, sedangkan Legacy OS untuk laptop keluaran terdahulu.

Boot Mode UEFI mempunyai beberapa keunggulan kalau dibandingkan dengan Legacy OS diantaranya pemberian software dengan hardware yang kompatible, booting windows yang cepat, dan data yang tersimpan pada harddisk gampang dibackup dan restore kembali.

UEFI BIOS
UEFI abreviasi dari Unified Extensible Firmware Interface yang merupakan standart teknologi terbaru yang mempunyai fungsi untuk mempercanggih daripada fungsi kegiatan BIOS tersebut. Awal kelahiran standart interface UEFI yaitu pada pertengahan 1990an yang mulanya hadir dengan standart EFI. Dan barang komputer server yang mempelopori standart EFI yaitu jasus dan HP.

Kemudian seiring berkembangnyawaktu, spesifikasi dan fitur daripada EFI diperbarui lagi biar sanggup dipakai untuk semua platform hardware. Dan hasilnya lahirlah interface terbaru yang dirubah namnya menjadi UEFI atau EFI V2.X yang mana ketambahan karakter U yang artinya UNITED.

Pengertian UEFI sendiri ialah komponen software yang terdapat pada sistem komputer modern. Awal kemunculannya interface UEFI ini hanya dipakai untuk komputer server namun ketika ini interface UEFI mulai dipakai pada komputer PC high end dan juga laptop kelas menengah keatas.

Dan ketika ini UEFI sudah mulai banyak dipakai pada Laptop dan Notebook terbaru dan mainboard PC. Kemunculan UEFI ini menjadi awal perkembanban zaman untuk sanggup mengimbangi perkembangan komputer modern ketika ini. Oleh alasannya ialah itu lahirnya EFi/UEFi ialah tuntutan perkembangan zaman untuk mengimbangi pesatnya perkembangan komputer cukup umur ini.

Dibandingkan dengan legacy bios, UEFI lebih mempunyai banyak kelebihan terutama dalam segi fitur, bahasa pemrograman, kecanggihan, hardware, visualisai, kapasitas memori dan aba-aba bit.

Legacy OS
Legacy OS biasanya Menggunakan 16 bit code namun ketika jni komputer modern sudah memakai teknologi prosessor 64 bit. Hal inilah menjadi perbedaan yang jauh. Selain itu legacy bios mempunyai keterbatasan dalam mensupport teknologi hardware. Terlebih teknologi firmware yang dipakai versi usang sehingga harus memaksakan biar sanggup mensupport teknologi gres sehingga karenanya terjadi masalah.

Fungsi dan Kelebeihan UEFI BIOS
Jika dibandingakan dengan legacy BIOS, maka UEFI mempunyai banyak kelebihan baik dari segi fitur, level bahasa pemrograman, kecanggihan dan kelengkapan fitur pengontrolan hardware komputer, tampilan visual, kapasitas memori dan bit code.
1. Memiliki interface GUI yang lebih menarik dengan keyboard dan mouse
2. Memiliki komunikasi yang baik dengan memakai firmware dan hardware tanpa melaluo boot sector
3.  Dapat menambahkan kegiatan driver dan aplikasi
4. Memiliki sistem security yang lebih besar lengan berkuasa dalam melindungi pre startup, preeboot dari serangan boot kit
5. Mendukung kapasitas harddisk lebih dari 2.2TB dimana pada legacy bios hanya mensupport harddisk 2.2TB
6. Proses startup dan resume lebih cepat dalam melaksanakan proses sleep, hibernate dan shutdown
7. Mendukung driver sampai 64 bit, sehingga bisa mebgalokasikan memori ketika startup sampai 176 milyar
8. Support format GPT harddrive yang lebih unggul dari legacy bios yang hanya memakai format MBR.

Baca:
Cara Membuat USB Windows Installer UEFI BIOS (100% Work)
Win32 Disk Imager, Aplikasi Membuat Bootable Windows dan Linux Suport UEFI BIOS
Cara Membuat Bootable Linux USB Suport UEFI BIOS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel