Fungsi Dan Cara Kerja Directx Pada Komputer Windows

Bagi Anda yang mempunyai hobi installasi sendiri game komputer niscaya tidak abnormal dengan istilah DirectX. Bisa di ibaratkan kalau DirectX yaitu komponen pendukungnya. Terkadang banyak aplikasi game yang minta DiretX gres sanggup dijalankan.

Setiap game perlu melaksanakan kiprah tertentu secara berulang-ulang. Melihat input dari mouse, joystick, atau keyboard, dan menampilkan gambar layar sekaligus memutar bunyi atau musik. Itulah yang dilakukan setiap game pada tingkat yang paling sederhana.

Bayangkan seberapa kompleks bagi programer pada awal arsitektur PC sebelum Windows. Setiap programer perlu menciptakan cara mereka sendiri untuk membaca inputan keyboard atau mendeteksi apakah joystick terhubung, dan hanya digunakan untuk bermain game.

Bahkan dibutuhkan rute khusus untuk menampilkan gambar paling sederhana pada layar atau memutar bunyi sederhana.Pada dasarnya, programer game berbicara secara pribadi ke hardware PC pada tingkat dasar. Pada waktu Microsoft memperkenalkan Windows, itu merupakan sangat penting bagi stabilitas dan kesuksesan PC di mana sesuatunya dipermudah baik bagi pengembang dan pemain.

Lagipula, siapa yang mau menulis game untuk suatu mesin jikalau mereka harus menemukan kembali rodanya setiap kali mereka menciptakan game baru? Ide Microsoft yaitu sederhana: hentikan programer berbicara secara pribadi kepada hardware, dan sebagai gantinya buat toolkit umum yang sanggup mereka gunakan. Dari sini lahirlah DirectX.

Teknologi ini kali pertama diperkenalkan pada tahun 1995 dan menjadi standar untuk pengembangan aplikasi multimedia pada platform Windows.

Pengertian DirectX
Directx yaitu sebuah aplikasi yang intinya menghubungkan sebuah kegiatan terhadap hardware. mirip contohnya mengizinkan game untuk berinteraksi dengan gamepad dan video card. biasanya disebut dengan istilah Application Programming Interfaces (API).

Definisi yang lain yaitu directx merupakan sebuah kumpulan API yang berisi command atau perintah untuk menangani hal dalam pemrograman multimedia khususnya game dalam sistem operasi Microsoft Windows.

Cara Kerja DirectX
DirectX merupakan penghubung interface antara hardware dalam komputer kita dan Sistem operasi, yang merupakan bab dari Windows API (Application Programming Interface). Dalam penerapannya, dikala developer game ingin memutar file suara, maka mereka hanya perlu memanggil library yang sesuai. Pada waktu game berjalan, ia memanggil DirectX API, yang akan memutar file suara.

Dengan kata lain developer game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang diakan digunakan oleh user, apa yang sanggup dilakukannya, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pabrikan sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. jadi developer hanya menanyakan bunyi yang ingin dimainkan, dan ini berlaku untuk semua jenis komputer.

Komponen DirectX
DirectX mempunyai beberapa komponen yang saling melengkapi untuk sanggup mengoptimalkan kinerja hardware, diantaranya:

1. DirectX Graphics
Merupakan komponen dalam DirectX yang menangani duduk kasus pada graphic, biasanya sangat dibutuhkan oleh games yang akan kita mainkan. mulai dari direct draw ( graphic 2 dimensi ) hingga direct3d (graphic 3 dimensi).

2. DirectX Input.
Komponen pada directx yang menangani bab peripheral hardware input, mirip mouse, keyboard, joystick, dll.

3. DirectX Sound
Komponen dasar yang berisi konfigurasi audio pada komputer. banyak media player yang mewajibkan adanya direct sound ini mirip contohnya VLC player dan WinAMP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel