Win32 Disk Imager, Aplikasi Menciptakan Bootable Windows Dan Linux Suport Uefi Bios

Win32 Disk Imager yaitu aplikasi untuk membut bootable operating system via USB Flashdisk. Win32 Disk Imager suport semua sitem operasi Windows dan Linux, jadi jika komputer/ laptop Anda tidak dilengkapi optical drive (DVD-R) tidak usah galau alasannya yaitu sekarang Anda sanggup menciptakan bootable Windows dan Linux untuk keperluan installasi dengan Flashdisk.

Win32 Disk Imager suport UEFI BIOS, rata-rata komputer/ laptop keluaran terbaru telah dilengkapi UEFI BIOS. UEFI abreviasi dari Unified Extensible Firmware Interface yang merupakan standart teknologi terbaru yang mempunyai fungsi untuk mempercanggih daripada fungsi aktivitas BIOS tersebut.

Baca: Pengertian UEFI BIOS dan Legacy OS Pada Pilihan Boot Mode

Pengertian UEFI sendiri yaitu komponen software yang terdapat pada sistem komputer modern. Awal kemunculannya interface UEFI ini hanya dipakai untuk komputer server namun ketika ini interface UEFI mulai dipakai pada komputer PC high end dan juga laptop kelas menengah keatas.

Cara menciptakan bootable operating system memakai Win32 Disk Imager cukup mudah, syaratnya mempunyai USB Flashdisk dengan kapasitas 4 GB dan master Windows/ Linux dengan format .ISO atau .IMG.

Aplikasi Win32 Disk Imager sanggup dipakai pada semua versi Windows, ukuran filenya yang kecil dan akomodasi dalam menciptakan installer Windows/ Linux menciptakan aplikasi ini banyak diminati klalayak banyak.

Cara menciptakan bootable Windows dan Linux Suport UEFI BIOS:
1. Siapkan master Windows/ Linux dengan format ISO/ IMG
2. Tancapkan USB Flashdisk ke komputer/ Laptop 
3. Download dulu Win32 Disk Imager
4. Selesai download jalankan Win32 Disk Imager
5. Lihat gambar di bawah ini, pastikan USB Flashdisk telah terbaca drivenya. Misalnya drive H, lalu pilih icon folder

6. Untuk sistem operasi dengan ekstensi ISO biasanya tidak terbaca, solusinya arahkan cursor mouse ke Disk Image (*.img *.IMG) ganti dengan menentukan tanda bintang *.*

7. Pilih sistem operasi yang madu dijadikan bootable, contohnya Linux Mint lalu Open

8. Lanjutkan dengan menentukan Write

9. Maka muncul peringatan Writing to .... lanjutkan dengan menentukan Yes

10. Tunggu prosesnya sampai selesai
11. Sekarang bootable Linux berhasil dibuat, untuk bootable Windows via USB Flashdisk kurang lebih caranya sama.

Download Win32 Disk Imager

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel