Yang Harus Diperhatikan Dikala Upgrade Memory (Ram), Jangan Hingga Salah Beli

Upgrade ialah proses meninggikan atau menaikkan sesuatu, dalam hal ini memory komputer. Kebalikan dari upgrade ialah downgrade/ menurunkan/ merendahkan. Baiklah sesuai dengan judul artikelnya kali ini admin membagikan warta hal apa saja yang harus diperhatikan dikala akan upgrade memory.

Upgrade memory PC intinya dibedakan menjadi 2 yaitu mengganti memory usang dengan memory gres namun spesifikasinya lebih tinggi dari sebelumnya dan menambahkan memory gres pada slot yang masih kosong dengan spesifikasi yang sama dengan sebelumnya.

Supaya gampang memahami, skemanya kurang lebih menyerupai ini:
1. Misalnya ingin upgrade memory 4 GB ke 8 GB, Anda sanggup mengganti memory usang dengan 8 GB yang baru
2. Misalnya ingin upgrade memory 4 GB ke 8 GB, Anda sanggup menambahkan lagi penggalan memory sebesar 4 GB lalu dipasang pada slot yang masih kosong. Total dari keduanya sama-sama 8 GB.

2 Keping Memory Lebih Baik Daripada 1 Keping

Bila komputer/ laptop tersedia lebih dari 1 slot maka sebaiknya kalau ingin upgrade pakailah 2 keping memory. Meskipun sama totalnya 8 GB kalau menggunakan 2 keping lebih cepat daripada 1 keping. Bahkan ada memory dual channel untuk meningkatkan perfoma komputer.

Upgrade Dengan Mengganti Memory Direkomendasikan Untuk Laptop Yang Tersedia 1 Slot

Yang memiliki 1 slot memory ialah laptop, kalau motherboard komputer dekstop biasanya ada 2 bahkan hingga 8 slot. Jumlah maksimal slot memory pada laptop ialah 2, hal itu untuk merampingkan body laptop.

Silahkan cek dulu berapa jumlah slotnya, kalau adanya cuma 1 terpaksa Anda harus mengganti memory dengan spesifikasi yang lebih besar dari sebelumnya,.

Sesuaikan Ukuran PC Pada Memory

Poin ini perlu diperhatikan bila upgrade memory dengan cara menambahkan penggalan memory, bukan mengganti. PC yang dimaksud bukan Personal Computer melainkan ukuran pada memory.

Misalnya memory yang dipakai adalah Kingston KVR DDR4 2133 MHz (PC 17000) 4GB, bila ingin upgrade berarti memory yang dibeli PC-nya harus sama yaitu 17000. Lalu bagaimana kalau PC-nya beda? tetap sanggup dipakai namun perfomanya tidak maksimal.

Cara mengentahui PC Memory sanggup dengan melihat spesifikasi komputer. Caranya silahkan baca pada artikel berikut ini.


Kesimpulan! Upgrade Itu Meninggikan, Tidak Harus Mengganti

Berdasarkan klarifikasi di atas sanggup disimpulkan bahwa namanya upgrade itu meninggikan dengan cara mengganti atau menambahkan memory. Makara kalau sanggup ditambahkan yang tidak harus mengganti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel