Cara Menciptakan System Recovery Image Windows 10

System Recovey Image ialah metode yang dipakai untuk membackup seluruh data pada suatu partisi. Kaprikornus ketika sistem mengalami persoalan yang serius, maka Recovey Image bisa menjadi solusinya sebab prosesnya cepat.

System Recovery Image bisa mengembalikan partisi harddisk serta isinya secara utuh. System Recovery Imgae ibarat dengan Norton Ghost. Untuk menghindari kejadian tak terduga yang tidak diperlukan sebaiknya buatlah System Recover Image.

Cara Membuat System Recovery Image Windows 10:

1. Pertama buka Control Panel, kemudian klik Backup and Restore (Windows 7)

2. Lalu pada belahan pojok kiri atas, klik Create a system image

3. Lalu selanjutnya untuk menentukan dimana System Image tersebut akan disimpan dan Anda diberikan tiga pilihan, yaitu:
  • On a Hardisk: Menyimpannya di partisi lain (namun masih physical drive yang sama) atau dengan memakai media eksternal ibarat HDD eksternal
  • On one or more DVDs: Menyimpannya disatu atau lebih DVD
  • On a Network Location: Menyimpannya pada suatu jaringan network, misalnya ibarat server atau client lain pada jaringan yang sama.
Pilih salah satu diantarnya, disini saya menentukan opsi On a Hardisk. Jika sudah klik Next

Terakhir sebelum dilakukannya proses backup. Akan diberikan total besar size yang akan dipakai Image serta drive mana saja yang akan ter-backup. Klik Start backup untuk memulai proses.

Proses backup akan berlangsung selama 30 sampai 40 Menit atau lebih, tergantung dari total size System Image yang dibackup. Setelah proses backup selesai, akan muncul opsi untuk menciptakan ‘System Repair Disc‘. System repair disc sendiri ialah menciptakan recovery dengan media CD/DVD, yang dipakai untuk boot ke System Recovery Options untuk merecovery sistem. Karena ketika ini Anda tidak membutuhkan opsi tersebut, jadi pilih saja No.

Dan dengan begitu maka proses Backup Image telah selesai. Hasilnya sanggup Anda lihat pada lokasi dimana folder Image backup (WindowsImageBackup) disimpan.

Untuk size dari folder WindowsImageBackup (57.7GB) sendiri memang besar dan hampir sama dengan ukuran Image Drive aslinya (62.1GB) ini sebab proses full backup hanya dengan compresi standard, sehingga nantinya proses restore image akan menjadi lebih cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel