12 Istilah Jaringan Serta Fungsinya

Jaringan komputer yakni suatu sistem yang dibentuk sedemikian rupa untuk mengubungkan pengguna komputer satu dengan komputer lainnya. Supaya bisa terhubung memerlukan mediator menyerupai kabel jaringan, sinyal radio (wifi), dsb.

Ketika Anda tetapkan mempelajari ilmu jaringan niscaya sering mendengar beberapa istilah menyerupai router, access point, hub, kabel UTP, repeater, dan lain sebagainya. Lalu dari semua istilah tersebut apakah Anda sudah tahu arti dan fungsinya. Untuk itu Teknologivirtual menyajikan 12 istilah jaringan serta fungsinya.

12 Istilah Jaringan Serta Fungsinya:

#1. Pengertian dan Fungsi Swith
Hampir sama dengan perangkat jaringan lainnya, fungsi switch yang paling utama yakni sebagai administrasi kemudian lintas dalam suatu jaringan. Switch bertugas bagaimana mengirimkan paket untuk mencapai tujuan dan perangkat yang tepat. Switch bertugas mencari jalur yang paling optimal dan memastikan pengiriman paket yang efisien pada tempat tujuan. Switch pada umumnya sanggup meningkatkan efektivitas menyerupai penghematan dan kinerja karyawan dalam suatu organisasi.

#2. Pengertian dan Fungsi Router
Pengertian Router yakni salah satu perangkat keras jaringan komputer yang dipakai untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya. Router dengan skala besar mengatakan banyak sekali tingkat fungsionalitas tergantung pada tujuan bagaimana fungsi router dibuat. Menggunakan router yang sempurna sangat penting dalam jaringan komputer, sehingga Anda harus memahami banyak sekali jenis router dan fungsi router yang mereka berikan.

Fungsi router pada umumnya yakni sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Namun router berbeda dengan Switch, alasannya Switch hanya dipakai untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router dipakai untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.

#3. Pengertian dan Fungsi Hub
Hub merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer. Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jikalau Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu.

#4. Pengertian dan Fungsi Acces Point
Fungsi dari access sebagai hub/ switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/ nirkabel, di access point inilah koneksi data/ internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.

Access point dalam jaringan computer yakni sebuah jalur susukan nirkabel (wireless access point atau AP) yakni perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan memakai wifi, Bluetooth atau standar terkait.
#5. Pengertian dan Fungsi RJ-45
RJ45 yakni konektor kabel Ethernet yang kebanyakan mempunyai fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN atau pada tipe jaringan yang lainnya.

#6. Pengertian dan Fungsi Modem
Modem yakni kependekan dari modulator dan demodulator. Modulator berfungsi untuk melaksanakan proses menumpangkan data pada sinyal isu ke sinyal pembawa supaya sanggup dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi. Pada proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Sedangkan Demodulator berfungsi sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim.

Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital supaya bisa dibaca oleh komputer. Kaprikornus kesimpulannya fungsi modem yakni sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/ data ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai mediator untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet.

#7. Pengertian dan Fungsi Kabel UTP
Kabel UTP yakni jenis kabel yang terbuat dari materi penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik dan terbungkus oleh materi isolasi yang bisa melindungi dari api dan kerusakan fisik, kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang mempunyai instruksi warna berbeda.

#8. Pengertian dan Fungsi NIC
NIC yakni sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC yakni untuk mengubah pedoman data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga sanggup ditransmisikan di atas media jaringan.

Fungsi NIC
1. Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan
2. Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel
3. Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer.
#9. Pengertian dan Fungsi Repeater
Repeater yakni suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal wifi yang belum tercover oleh sinyal dari server supaya bisa menangkap sinyal wifi. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (client) dan untuk membuatkan lagi sinyal wifi (acces point).

Fungsi Repeater
1. Untuk mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari Server (pemancar)
2. Untuk memperjauh sinyal dari Server (pemancar)
3. Untuk mempermudah susukan sinyal wifi dari Server.
#10. Pengertian dan Fungsi Bridge Jaringan
Bridge jaringan yakni sebuah komponen jaringan yang dipakai untuk memperluas jaringan atau menciptakan sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga sanggup dipakai untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, menyerupai halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda. Bridge berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan. Bridge mengatur informasi diantara kedua sisi network supaya sanggup berjalan dengan teratur.

#11. Pengertian dan Fungsi Xoaxial
Tentang pengertian kabel coaxial tentu kita pernah mendengar nama kabel yang satu ini. Kabel coaxial yakni jenis kabel yang mempunyai dua buah penghantar konduktor berupa kabel solid terbuat dari tembaga sebagai inti, kemudian dilapisi sekat isolator dan dililit kembali oleh penghantar berupa kabel serabut yang terbuat dari tembaga atau alumunium sebagai penghantar bab luar. Kabel coaxial atau kabel koaksial terbungkus oleh isolator lentur yang terbuat dari plastik tahan air.

Fungsi kabel coaxial yakni untuk mentransmisikan frekuensi tinggi mulai dari 300 kHz keatas, dan penggunaan kabel ini mempunyai kanal frekuensi yang sangat besar. Dalam penggunaan sehari-hari, kabel coaxial banyak dijumpai pada antena televisi, antena pemancar radio, dan juga kabel jaringan LAN. Penggunaan kabel koaksial dalam jaringan internet melengkapi instalasi kabel UTP yang juga berperan penting dalam jaringan LAN. Ada beberapa jenis kabel koaksial yang terdapat dipasaran, untuk lebih lengkapnya wacana macam jenis kabel ini akan kita bahas pada pertemuan mendatang. Nah itu tadi sekilas wacana fungsi maupun pengertian kabel coaxial yang sanggup aku sampaikan.

#12. Pengertian dan Fungsi USB Wifi
Wifi (Wireless Fidelity) yakni sambungan tanpa kabel menyerupai handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya sanggup mentransfer data dengan cepat. Wifi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, wifi juga sanggup dipakai untuk menciptakan jaringan tanpa kabel di perusahaan. Kerana itu banyak orang mengasosiasikan wifi dengan kebebasan alasannya teknologi wifi mengatakan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan cafe-cafe yang bertanda WiFi Hot Spot.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel