Mengenal 12 Komponen Dasar Komputer Dekstop

Komputer yakni sebuah perangkat yang terbentuk dari beberapa komponen (hardware). Komputer sanggup dijalankan bila telah dipasang software dan driver hardware. Dengan begitu komputer sanggup menjalankan perintah yang diberikan manusia.

Komponen dasar yakni komponen utama yang sifatnya wajib dan harus ada dalam merakit komputer. Bagi Anda yang ingin berguru komputer, mengetahui 12 komponen dasar komputer hukumnya wajib. Baiklah berikut ini 12 komponen dasar komputer.

Mengenal 12 Komponen Dasar Komputer Dekstop:

1. Mainboard/ Mother Board

Mainboard berfungsi sebagai mesin utama yang menghubungkan semua komponen supaya saling berkomunikasi. Disini ditancapak Prosesor, RAM, Kartu-kartu tambahan, Kabel-kabel untuk Hardisk, DVD Rom Drive, USB Eksternal, termasuk kawasan colokkan kabel dari Power Supply. Motherboard dibedakan berdasarkan jenis Prosesor, jenis RAM dan ada beberapa pada jenis kabel Hardisk. Maksudnya adalah, pemilihan Mainboard harus sesuai dengan jenis Prosesor dan jenis RAM/  perangkat yang didukung.

2. Prosesor

Prosesor merupakan otak komputer/ CPU, berfungis Unit Proses Utama. Sesuaikan Prosesor dengan Mainboard dikala anda mau merakit/ meng-upgrade komputer. ada 2 brand yang populer yaitu Intel dan AMD, masing-masing mempunyai kelebihan, terserah anda mau gunakan yang mana yang penting sesuaikan dengan Mainboard dan dana dikantong.

3. RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat penyimpanan sementara sebelum diteruskan ke Harddisk. Jenisnya banyak SDRAM, DDR 1, DDR2, DDR3, dan DDR4. Sesuaikan dengan perangkat Mainboard Anda.

4. Kipas Prosesor/ HSF

Perlu diketahui prosesor cepat panas ketika komputer dihidupkan, untuk itu pemilihan kipas prosesor sanggup memilih keawetan dari prosesor itu sendiri. Disarankan bagi pengguna Core i3, i5, dan i7 jangan memakai HSF bawaan, sebaiknya gunakan HSF pihak ketiga yang terbukti ampuh menurunkan temperatur prosesor.

5. Power Suply

Power Supply, berfungsi sebagai Catu Daya/Pemberi Daya kepada Mainboard, Harddisk, DVD Rom Drive, VGA Card Profesional. Semakin tinggi Real Powernya maka semakin manis dan tentunya semakin mahal, penggunaan Power Supply tergantung perangkat Mainboar dan VGA Card anda, jikalau spesifikasinya tinggi maka mau tidak mau anda wajib pakai Power Supply tingkat tinggi.

6. Harddisk/ HDD

Harddisk, kawasan penyimpanan data, ada beberapa jenis Slot, Slot IDE (sekarang produk yang gres tidak ada lagi, yang beredar produk usang dan 2nd ), Slot SATA dll. Dalam bentuknya ada yang jenis Piringan dan ada jenis SSD ( harga masih mahal, tapi kinerja mengagumkan).

7. Optical Drive/ DVD ROM

Optical Driver, sebagai teladan yang banyak dipakai kini yakni DVD RW, fungsi untuk membaca bagian CD, DVD, bisa menyimpan data di CD, DVD, dan juga berkemampuan menghapus data pada CD/ DVD ( jikalau dipakai bagian CD/ DVD RW )

8. Graphic Card/ VGA Card

Video Card, Ini yakni perangkat pelengkap untuk mengolah Grafis, biasanya untuk mendapat tingkat grafis lebih tinggi dari bawaan mainboard yang menyediakan Internal Grafis. Untuk dikala ini, kebanyakan Grapik Card memakai Slot PCI Express, meski masih ada yang memakai Slot AGP, PCI-X. Sesuaikan dengan Slot VGA Card Mainboard anda.

9. Monitor/ LCD/ LED

Monitor, sebagai alat penampil grafik dari alat proses CPU. Saat ini banyak tersedia dalam jenis LED, ada yang memakai Layar Sentuh.

10. Keyboard

Keyboard berfungsi sebagai alat input data, jenisnya ada PS2 (sudah jarang yang pakai), USB dan Wireless.

11. Mouse

Mouse, berfungsi untuk menggerakkan cursor dan mengklik data-data yang kita inginkan, jenisnya sama menyerupai Keyboard

12. Casing

Casing Komputer, berfungsi sebagai kawasan untuk meletakkan komponen utama PC, menyerupai Mainboard, Power Supply, DVD ROM Drive, dll. Casing dibedakan berdasarkan Form Factor ini mengacu kepada bentuk dan ukuran Mainboard dan posisi komponen lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel