Mengenal 6 Jenis Scanner Serta Kegunaannya

Scanner yaitu peralatan komputer yang mempunyai fungsi untuk memindai gambar atau foto ke file digital. Sekarang ini kebutuhan akan scanner sangat tinggi, sekolah, perkantoran, warnet, dan pribadi juga membutuhkan alat ini.

Yang membedakan scanner dengan foto yaitu bila scanner objek yang diambil tampilannya sama persih dengan aslinya sedangkan foto hanya bisa menangkap objek dari jarak agak jauh. Sebenarnya cara kerjanya ibarat mesin foto copy tetapi jikalau canner bentuknya file digital (jpeg, png, bmp, dsb).

Dengan memakai scanner maka Anda bisa dengan gampang mengcopy objek baik berupa goresan pena dan gambar dengan mudah, Anda bisa mengcopy makalah, foto, goresan pena di kertas menjadi bentuk digital dan disimpan dalam komputer. Hal ini sangat membantu Anda untuk membackup dokumen sehingga bisa dengan gampang mendapatkannya ketika dokumen hilang atau rusak.

Saat ini ada banyak sekali perusahaan atau instansi yang memakai scanner untuk mempermudah pekerjaan mereka. Beberapa jenis scanner yang ada dipasaran ketika ini dijual dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan juga performa yang dimilikinya. Anda bisa menentukan jenis scanner yang sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Berikut beberapa jenis scanner yang bisa Anda pilih:

1. Scanner Flatbed

Ini merupakan jenis scanner yang paling banyak digunakan oleh para user di seluruh dunia. Bentuknya panjang dan lebih tipis. Scanner tipe ini biasa digunakan untuk melaksanakan scan terhadap banyak sekali macam dokumen berupa kertas, gambar, dan file lainnya. Salah satu bab penting yang terdapat dalam flatbed scanner yaitu adanya beling tembus pandang yang berfungsi menscan file Anda. Kendati demikian, scanner ini mempunyai kelemahan yaitu tidak bisa melaksanakan duplikasi terhadap objek tiga dimensi.

2. Scanner Manual Feeding

Bentuk scanner ini sangat mungil, harganya pun relatif murah, antara 1 sampai 3 jutaan. Lensa tidak bergerak, tetapi kertasnya yang bergerak. Kertas yang akan di-scan harus dipilah dan dimasukkan 1 demi 1, tidak sanggup ditumpuk begitu saja ibarat pada printer. Kecepatan scanning model scanner ibarat ini mencapai 3 halaman per menit. Scanner ini cocok untuk scanning puluhan dokumen, tetapi akan cukup melelahkan Anda bila digunakan untuk ratusan dokumen.

3. Scanner Automatic Feeding (ADF)

Scanner tipe ADF (Automatic Document Feeder) merupakan tipe scanner yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan scan dokumen dalam jumlah banyak. Scanner tipe ini mempunyai feeder (tray kawasan menaruh kertas) dimana anda bisa meletakkan dokumen-dokumen anda dalam satu tumpuk untuk pribadi di-scan. Scanner ADF menunjukkan fitur pilihan Simplex dan Duplex, dimana artinya scanner ADF bisa mempunyai 2 mata scan sekaligus, sehingga proses scan untuk dokumen dua sisi bisa di-scan dalam 1 kali proses scan.

4. Scanner Barcode

Scanner barcode merupakan scanner yang digunakan untuk memindah data yang disimpan dalam bentuk aba-aba tertentu. Data tersebut lalu disimpan dalam bentuk barcode. Scanner jenis ini sering digunakan untuk menyimpan data atau untuk penyimpanan keterangan tertentu. Kini jenis secanner ini juga banyak digunakan untuk industri retail contohnya saja untuk supermarket atau swalayan.

5. Scanner Chek

Sacnener chek digunakan untuk memindahkan cek dalam bentuk digital dan disimpan didalam komputer atau laptop. Dengan adanya scanner ini maka Anda bisa memindah keaslian cek.

6. Scanner Logam

Bukan hanya kertas saja yang bisa dipindai namun logam juga bisa dipindai yaitu dengan memakai scanner logam. Scanner jenis ini berfungsi untuk memindai adanya logam pada benda-benda tertentu.

Beberapa jenis scanner tersebut sangat membantu masyarakat untuk memudahkan pekerjaan mereka. Scanner yaitu salah satu alat penting yang harus dimiliki dalam perusataan atau instansi, demikian juga untuk membantu Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel